Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Beatifikasi Dua Martir asal Italia yang menjadi Korban Nazi

Beatifikasi Pater Giuseppe Bernardi dan Pater Mario Ghibaudo di Gereja St Maria Boves, Italia 16 Oktober 2022. IST

ITALIA, Pena Katolik – Dua imam Katolik yang dibunuh oleh Nazi saat melayani orang yang sekarat di tengah pembantaian Boves dibeatifikasi sebagai martir pada hari Minggu 16 Oktober 2022 di Italia utara. Dalam menghadapi bahaya besar, Pastor Giuseppe Bernardi dan Pastor Mario Ghibaudo “tidak meninggalkan kawanan domba yang dipercayakan kepada mereka, tetapi tetap dekat dengan berkat dan penghiburan Tuhan sampai-sampai menumpahkan darah mereka. Demikian bunyi dekrit kepausan yang dibacakan pada Misa beatifikasi mereka. pada 16 Oktober 2022.

Paus Fransiskus memuji kedua imam itu dalam pidato Angelus-nya dan berdoa agar teladan mereka dapat “menyalakan dalam diri para imam keinginan untuk menjadi gembala di hati Kristus, selalu bersama umat mereka.”

Beato Mario Ghibaudo

Pastor Ghibaudo yang berusia dua puluh tahun pergi mengaku dosa dan mempersembahkan Misa di Boves, Italia, pada pagi hari 19 September 1943. Beberapa jam kemudian, dia mendapati dirinya bergegas untuk membantu anak yatim melarikan diri ke pedesaan ketika tentara Jerman membakar 350 bangunan di kota pegunungan Italia di selatan Turin.

Imam muda itu kembali ke kota untuk membagikan Hosti suci, ia juga menawarkan absolusi kepada orang-orang yang ditemuinya. Saat ia mendekati seorang pria yang telah ditembak di bagian belakang kepala untuk memberinya absolusi, imam itu sendiri ditembak dengan senapan mesin. Seorang tentara selanjutnya menginjak wajah imam itu dengan sepatu botnya dan menikamnya. Imam itu terbunuh hanya tiga bulan setelah penahbisannya menjadi imam.

Ghibaudo meninggal saat melayani sebagai seorang imam, memenuhi panggilan yang dia rasakan ketika dia menerima Komuni Pertama. “Menjadi seorang imam, hidup sebagai seorang imam, mati sebagai seorang imam: ini adalah sintesis harapan tersayang yang saya bayangkan untuk hidup saya.”

Beato Giuseppe Bernardi

Setelah Italia menyerah kepada Sekutu pada September 1943, dua tentara Jerman ditangkap saat bentrokan bersenjata pecah di pegunungan Boves antara tentara Nazi dan sekelompok partisan Italia. Mayor Jerman Joseph Peiper mengancam akan menghancurkan Boves jika kedua tentara itu tidak dibebaskan.

Sebagai pastor paroki di Boves, Pastor Bernardi dipanggil untuk menjadi penengah bersama Antonio Vassallo, seorang pengusaha lokal. Setelah keduanya berhasil merundingkan pembebasan dua tentara Jerman tanpa cedera, Nazi melanggar perjanjian dan memulai kampanye kekerasan pembalasan. Imam dan rekan mediatornya ditahan di dalam mobil lapis baja di mana mereka menyaksikan komunitas mereka dihancurkan.

Menurut dekrit Vatikan tentang kemartirannya, Bernardi memberkati mayat orang mati dari kendaraan lapis baja. Dia terbunuh oleh tembakan dan kemudian dibakar pada 19 September 1943. Dia berusia 45 tahun.

 “Dia akan mati, jika perlu, di tengah-tengah siksaan yang menyiksa, untuk menyatakan kepada semua orang dari tiang gantungan bahwa imannya, cintanya kepada Tuhan lebih kuat daripada kematian.”

Misa Beatifikasi

Lebih dari 1.000 orang menghadiri Misa beatifikasi yang dipersembahkan di halaman Gereja St Maria Boves. Kardinal Marcello Semeraro, prefek Dikasteri Vatikan untuk Pekerjaan Para Kudus, memimpin Misa ini.

Dalam homilinya, Kardinal Semeraro mengatakan bahwa pastor paroki dan vikaris paroki itu meninggal saat mempersembahkan doa syafaat bagi orang lain. Ia membacakan dengan lantang beberapa kesaksian yang diterima Vatikan di mana seorang saksi menggambarkan Ghibaudo sebagai imam yang melaksanakan pelayanannya, membantu melarikan diri dan sementara itu dibebaskan dan diberkati.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini