27.2 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

Pemerintah Jepang Memperketat Pengawasan kepada Gereja Unifikasi Menyusul Penembakan Shinzo Abe

BERITA LAIN

More
    Perdana Menteri Jepang Fumio Khisida. UCANews

    TOKYO, Pena Katolik – Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida memerintahkan penyelidikan pemerintah ke Gereja Unifikasi pada hari Senin, setelah pembunuhan mantan perdana menteri Shinzo Abe memperbaharui pengawasan sekte tersebut.

    Gereja menjadi sorotan karena pria yang dituduh membunuh Abe dilaporkan dimotivasi oleh kebencian terhadap kelompok tersebut, yang dituduh menekan para pengikutnya untuk memberikan sumbangan yang besar dan disalahkan atas pengabaian anak di antara para anggota.

    Secara resmi dikenal sebagai Federasi Keluarga untuk Perdamaian dan Penyatuan Dunia, organisasi ini didirikan di Korea oleh Sun Myung Moon dan anggotanya kadang-kadang disebut “Moonies”.

    Gereja telah membantah melakukan kesalahan, tetapi parade mantan anggota telah go public dengan kritik terhadap praktiknya, dan pengungkapan tentang hubungannya dengan politisi top telah membantu peringkat persetujuan tank Kishida.

    Kishida mengatakan kepada parlemen pada hari Senin bahwa ada “banyak korban” gereja dan kelompok terkait yang telah menemukan diri mereka dalam kemiskinan atau menghadapi kehancuran keluarga.

    “Upaya untuk membantu mereka masih kurang,” katanya, sehingga “pemerintah akan menggunakan haknya untuk menyelidiki gereja, berdasarkan Undang-Undang Korporasi Agama”.

    Pemerintah juga ingin menerapkan langkah-langkah lain, seperti memperkuat “inisiatif untuk mencegah pelecehan anak dan membantu keturunan pemeluk agama dengan pendidikan dan pekerjaan mereka”, kata Kishida.

    Media lokal mengatakan penyelidikan akan memeriksa apakah gereja telah merugikan kesejahteraan publik atau melakukan tindakan yang bertentangan dengan statusnya sebagai kelompok agama.

    Penyelidikan dapat mengarah pada perintah pembubaran, yang akan membuat gereja kehilangan statusnya sebagai organisasi keagamaan bebas pajak, meskipun masih dapat terus beroperasi.

    Hanya dua kelompok agama di Jepang yang pernah menerima perintah seperti itu, salah satunya adalah sekte Aum Shinrikyo yang melakukan serangan sarin 1995 di metro Tokyo. Yang lainnya adalah kelompok yang menipu anggota. Tetapi pemerintah dilaporkan ragu-ragu tentang kemungkinan mengeluarkan perintah seperti itu kepada Gereja Unifikasi karena masalah kebebasan beragama.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI