27.1 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

Tahbisan Uskup Sanggau akan Diadakan November Minggu Kedua

BERITA LAIN

More
    Mgr Valentinus Saeng OP berjumpa dengan Paus Fransiskus. IST

    SANGGAU, Pena Katolik – Uskup Terpilih Sanggau, Mgr Valentinus Saeng CP akan ditahbiskan sebagai Gembala Utama di Keuskupan Sanggau pada 11 November 2022. Pentahbisan Uskup Sanggau Mgr Valentinus akan berlangsung di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus, Kota Sanggau, Kalimantan Barat.

    Rangkaian tahbisan ini akan dimulai pada 10 November 2022 dengan Vesper Agung, mulai pukul 18.00 WIB. Vesper Agung menjadi kesempatan untuk pemberkatan lambang-lambang uskup dan pengucapan janji uskup baru. Hari berikutnya, 11 November 2022, merupakan Perayaan Tahbisan Agung, mulai pukul 09.00 WIB.

    Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus, menunjuk Valentinus Saeng menjadi Uskup Sanggau, menggantikan Mgr Guilio Mencuccini, CP. Uskup Mencuccini membacakan penujukan Paus untuk penggantinya itu, setelah doa adorasi Sakramen Maha Kudus di Katedral Sanggau pada Sabtu 18 Juni 2022.

    Valentinus Saeng (52) adalah seorang pastor Katolik Roma dari Kongregasi Pasionis (CP). Dia lahir di Desa Keramuk, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan pada 28 Oktober 1969. Dia meraih gelar master filsafat di Universitas Santo Thomas Aquino, Angelicum, Roma pada 2005. Kemudian belajar bahasa Jerman di Maximilian Universität, München, Jerman. Serta meraih gelar doktor filsafat pada 2008 di Universitas Santo Thomas Aquino, Angelicum, Roma.

    Mgr. Valen sebelumnya adalah pengajar di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang, Jawa Timur. Ia juga aktif menghasilkan karya tulis ilmiah yang tersebar di mana-mana. Serta menjadi pembicara untuk seminar-seminar.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI