26.5 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

STF Driyarkara Menyatakan dr Tifa Tidak Pernah Mendapat Gelar Doktor dari Driyarkara

BERITA LAIN

More
    STF Driyarkara. IST

    JAKARTA, Pena Katolik – Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara menyatakan bahwa dr Tifauzia Tyassuma tidak pernah mendapat gelar Doktor Filsafat dari Sekolah Tinggi Driyarkara. Pernyataan ini disampaikan dalam sebuah pengumuman yang ditandatangani Ketua STF Driyarkara, Romo Thomas Hidya Jaya SJ.

    Lalu siapa dr Tifa? Belakangan, ia diketahui sebagai sosok di balik laporan yang menuduh ijazah palsu yang dimiliki Presiden Jokowi. Dalam banyak pemberitaan, ia dikatakan pernah menempuh pendidikan bahkan sampai memperoleh gelar Doktor dari STF Driyarkara.

    Dalam pengumuman yang disampaikan, STF Driyarkara menyatakan bahwa dr Tifa hanya pernah mengenyam program matrikulasi di STF Driyarkara. Hanya saja, dr Tifa tidak menyelesaikan program ini karena yang bersangkutan tidak menyelesaikan tugas akhir.

    Seperti diketahui, STF Driyakara adalah lembaga pendidikan filsafat yang menjadi tempat belajar filsafat bagi calon imam dari berbagai kongregasi. Lembaga pendidikan ini terletak di Jakarta Pusat. STF Driyarkara menjadi pelopor bagi pengembangan studi filsafat di Indonesia.

    Pengumuman STF Driyarkara tentang status pendidikan dr Tifa. IST

    Nama Driyarkara diambil dari pendiri lembaga pendidikan ini yaitu Romo Nicholas Driyakara SJ. Romo Driyarkara dikenal sebagai filsuf yang cukup berpengaruh di masa sekitar tahun 1970-an di Indonesia.

    Saat ini, STF Driyarkara dikenal sebagai lembaga pendidikan filsafat terbaik di Indonesia. Ada tiga jenjang program filsafat di STF yaitu S1, S2, dan Program S3. Beberapa dosen yang dikenal di Indonesia di antaranya, Prof Dr Frans Magnis Suseno SJ, Prof Dr J. Sudarminto SJ, Prof Dr. Eddy Kristiyanto OFM, Prof Dr. Mudji Sutrisno SJ, Prof Dr. Adrianus Sunarko OFM, dan masih banyak lagi.

    Meski dikenal sebagai lembaga pendidikan bagi tempat belajar filsafat bagi para calon imam, namun ada juga umat awam dari beragam latar belakang agama juga ditekatahui menempuh pendidikan filsafat di STF Driyarkara. Salah satu yang dikenal adalah Dr Budhy Munawar Rachman yang dikenal sebagai pemikir Islam cukup berpengaruh di Indonesia. Di kalangan seniman, Nano Riantiarno, aktor teater terkenal Indonesia juga dikenal sebagai lulusan STF Driyarkara.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI