Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Opus Dei Akan Mengadakan Kapitel Umum Luar Biasa untuk Mengubah Statutanya

Mgr. Fernando Ocariz. IST

ROMA, Pena Katolik – Prelatus Opus Dei, Mgr. Fernando Ocáriz, mengumumkan dalam sebuah surat pada 5 Oktober 2022, bahwa dia akan mengadakan kapitel umum luar biasa pada paruh pertama tahun 2023. Kapitel ini untuk menyesuaikan statuta prelatur dengan instruksi dalam motu proprio Adkarisma tuendum. Pemimpin Opus Dei ini membuat pengumuman itu bertepatan dengan peringatan 20 tahun kanonisasi pendiri Opus Dei, St. Josemaria Escrivá.

Mgr. Ocáriz menjelaskan dalam suratnya bahwa Dikasteri untuk Klerus telah menyarankan dewan umum dan penasihat pusat Opus Dei untuk tidak membatasi diri dalam proses ini “untuk mempertimbangkan apa yang mengacu pada relasi prelatur pada dikasteri ini.” Karena itu, ia menganjurkan untuk mengusulkan ”penyesuaian kecil lainnya yang mungkin terhadap anggaran dasar” sehubungan dengan motu proprio dan untuk menggunakan ”tanpa tergesa-gesa sepanjang waktu yang diperlukan”.

Pada 22 Juli, Vatikan menerbitkan Adkarisma tuendum di mana Paus Fransiskus memerintahkan reformasi Opus Dei. Di antara ketentuan Paus ini adalah bahwa prelatus yang memimpin Opus Dei mulai sekarang tidak lagi menjadi uskup. Lembaga ini juga harus menyesuaikan anggaran dasar dan menyajikan laporan tahunan. Dalam hal ini, Opus dei tidak akan lagi di bawah Dikasteri untuk Uskup tetapi menjadi di bawah wewenang Dikasteri untuk Klerus.

Mgr. Ocáriz menulis bahwa karena reformasi merupakan inisiatif Takhta Suci, meski ia juga menjelaskan bahwa dalam inisiatif ini tidak wajib mengadakan kapitel umum yang direncanakan untuk mengubah statuta. Namun, ia telah memutuskan untuk mengadakan kapitel umum yang luar biasa dengan tujuan yang tepat dan terbatas, yang akan berlangsung pada paruh pertama tahun 2023.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini