Isu Keamanan setelah Ancaman terhadap Kardinal Malcolm Ranjith

0
505
Uskup Agung Sri Lanka, Kardinal Macolm Ranjith. IST

SRI LANKA, Pena Katolik – Seorang anggota parlemen Katolik telah menyatakan keprihatinan atas perlindungan keamanan yang diberikan kepada Kardinal Malcolm Ranjith di tengah klaim ancaman baru. Menteri Negara Pertahanan Premitha Bandara Tennakoon mengatakan dia tidak mengetahui adanya ancaman terhadap kepala Gereja Katolik negara itu tetapi meyakinkan untuk menyelidiki masalah ini sebagai tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh oposisi di Parlemen pada 10 Oktober 2022.

Isu tersebut diangkat oleh Kavinda Jayawardane, seorang anggota parlemen Katolik dari partai Samagi Jana Balawegaya (SJB). Ia menuduh bahwa pemerintah telah mengurangi keamanan Kardinal Ranjith dan menuntut penyelidikan atas masalah tersebut.

Sekelompok pasukan komando dan tentara memberikan keamanan kepada kardinal sejak serangan Minggu Paskah di gereja dan hotel pada 2019. Seorang imam senior dari keuskupan agung Kolombo mengatakan mungkin ada ancaman baru terhadap kehidupan Kardinal Ranjith karena ia telah vokal dalam penyelidikan serangan Minggu Paskah dan keadilan bagi para korban. Imam itu mengatakan bahwa sub-unit tentara di bawah seorang kapten dan pasukan komando terlatih dikerahkan untuk melindunginya.

“Tampaknya bagi kami keamanan komando saat ini tidak tersedia di rumah Uskup Agung,” katanya tanpa menyebut nama.

Imam itu mengatakan sekitar enam tentara terus dikerahkan di gerbang utama Rumah Uskup di Kolombo. Selain itu, personel militer juga memberikan perlindungan di sekitar lokasi, tambahnya.

Sebelumnya ada pengamanan yang lebih ketat, pada tahun 2019 dan 2020, bahkan karyawan diawasi dengan ketat, pergerakan masuk dan keluar mereka dipantau dengan cermat

“Tim keamanan terpisah dengan kendaraan dikerahkan untuk keamanan kardinal untuk acara-acara publik yang dia ikuti secara teratur,” kata imam itu.

Kardinal Ranjith telah memberikan suaranya untuk resolusi kesengsaraan sosial dan ekonomi Sri Lanka. Dia sangat vokal atas nama para korban serangan Paskah. Baru minggu lalu, prelatus itu mendesak Komisi Pemilihan untuk mengadakan pemilihan dewan lokal pada Maret 2023.

Berbicara pada acara keagamaan di Gereja Hati Kudus di Ragama, Kardinal Ranjith mengatakan bahwa pemilihan akan memberikan kesempatan kepada rakyat untuk mengirim pesan kepada pemerintah secara demokratis.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here