28.4 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Di Kazakhstan, Paus Fransiskus Berusaha Bertemu Xi Jinping, tetapi Tiongkok Menolak

BERITA LAIN

More
    Presiden Tiongkok Xi Jinping. CNA

    UKRAINA, Pena Ktolik – Paus Fransiskus menyatakan “ketersediaannya” untuk bertemu dengan presiden Tiongkok Xi Jinping ketika keduanya berada di Kazakhstan minggu ini, tetapi Tiongkok menolak, menurut laporan Reuters yang mengutip seorang pejabat Vatikan yang tidak disebutkan namanya.

    Paus Fransiskus berada di Nur-Sultan, ibu kota Kazakh yang sebelumnya dikenal sebagai Astana, 13–15 September 2022 untuk pertemuan antaragama, sementara Xi berada di kota yang sama untuk bertemu dengan presiden Kazakh Kassym-Jomart Tokayev, satu hari setelah paus melakukannya.

    Sejak awal, Vatikan membuat “ekspresi ketersediaan,” dan pihak Tiongkok mengatakan mereka “menghargai isyarat itu” tetapi tidak ada waktu luang dalam jadwal Xi.

    Apabila terjadi, pertemuan kedua pemimpin akan menjadi penting; belum pernah ada pertemuan antara Paus dan presiden Tiongkok. Paus Fransiskus mengatakan dia bersedia mengunjungi Tiongkok, mengatakan dalam penerbangan dari Roma ke Kazakhstan pada 13 September: “Saya selalu siap untuk pergi ke Tiongkok.”

    Kunjungan yang bertepatan antara Fransiskus dan Xi juga datang ketika Takhta Suci dan Tiongkok menentukan pembaruan perjanjian sementara tentang penunjukan uskup di Tiongkok dan seorang kardinal sedang bersiap untuk diadili di Hong Kong atas perannya dalam dana hukum pro-demokrasi.

    Xi telah dikritik keras karena mengawasi penganiayaan terhadap penganut agama dari banyak garis di Tiongkok, termasuk orang Kristen dan Muslim Uyghur di wilayah Xinjiang. Kazakhstan dan Tiongkok, yang bertetangga, memiliki hubungan dekat, dengan investasi Tiongkok skala besar di sumber daya alam negara Asia Tengah itu melalui Belt and Road Initiative.

    Xi mengumumkan rencananya untuk “jalan sutra baru” di ibu kota Kazakh pada 2013. Pemimpin Tiongkok itu bertemu dengan Vladimir Putin di Uzbekistan pada hari Kamis sebagai bagian dari perjalanan pertama Xi ke luar Tiongkok sejak dimulainya pandemi COVID-19.

    Paus Fransiskus tidak banyak bicara tentang pelanggaran hak asasi manusia Tiongkok sejak Vatikan pertama kali menandatangani perjanjian sementara dengan Tiongkok pada 2018. Kesepakatan itu dimaksudkan untuk menyatukan 12 juta umat Katolik di negara itu, yang terbagi antara Gereja bawah tanah dan Asosiasi Katolik Patriotik Tiongkok yang dikelola Partai Komunis dan membuka jalan bagi penunjukan uskup untuk keuskupan-keuskupan Tiongkok. Kesepakatan itu diharapkan akan diperpanjang untuk dua tahun lagi pada akhir bulan ini.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI