27.4 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Mgr. Paul Maria Cao Dinh Thuyen Wafat, Ia Berjasa Selama Masa Penindasan di Vietnam

BERITA LAIN

More
    Mgr Paul Mary Cao Dinh Thuyen saat memimpin Misa di salah satu Gereja di keuskupannya. UCA News

    HANOI, Pena Katolik – Senin, 29 Agustus 2022, setiap lonceng sedih berbunyi dari menara Katedral Xa Doai untuk mengumumkan bahwa Mgr. Paul Maria Cao Dinh Thuyen telah dipanggil oleh Tuhan. Pohon besar – saksi sejarah Gereja Vietnam, Keuskupan Vinh dan Keuskupan Ha Tinh telah tumbang. Uskup bagi lebih dari 530.000 umat Katolik telah kembali Surga, mengakhiri perjalanan 95 tahun kehidupan duniawi, 62 tahun pelayanan imamat, dan 30 tahun pelayanan sebagai uskup.

    Mgr. Thuyen adalah Uskup Emeritus Vinh. Ia meninggal di sebuah rumah sakit umum di Provinsi Nghe An pada 29 Agustus 2022. Pada 1 September, pemakamannya dirayakan oleh 12 uskup agung dan uskup di Katedral Xa Doai, diikuti oleh ratusan imam dari Keuskupan Ha Tinh dan Keuskupan Vinh, dan dihadiri oleh puluhan ribu orang.

    Uskup Agung Hanoi, Mgr. Joseph Vu Van Thien, mengatakan wafatnya Uskup Thuyen meninggalkan kesedihan mendalam di antara mereka yang telah bertemu dengannya. Wakil Sekjen Konferensi Waligereja Vietnam ini, Mgr Thuyen tegas dan bersemangat dalam melakukan misi yang Tuhan berikan kepadanya.

    Mgr. Thuyen ditahbiskan menjadi uskup koajutor di Katedral Xa Doai tahun 1992, ketika Gereja lokal mengalami berbagai penindasan dan kesengsaraan. Motto uskupnya adalah “Untuk disalibkan bersama Kristus.”

    Keuskupan Vinh melaporkan selama 10 tahun sebagai uskup, ia mengadakan kunjungan pastoral ke semua paroki dan 400 sub-paroki lainnya di tiga provinsi – Ha Tinh, Nghe An dan Quang Binh. Lokasi ini dikenal sebagai langganan bencana, terutama banjir dan badai tahunan. Saat itu, Keuskupan Ha Tinh masih menjadi satu dengan Keuskupan Vinh dan baru dipisah pada tahun 2018.

    Mgr. Thuyen telah menahbiskan lebih dari 100 imam dan diakon, mendirikan 30 paroki baru, mendirikan kembali banyak paroki dan sub-paroki lain, dan mendirikan banyak komite pelayanan dan kelompok awam.

    Profil

    Mgr. Thuyen lahir tahun 1927 di paroki Trang Luu, Keuskupan Ha Tinh, Thuyen adalah putra tertua dari enam bersaudara. Ia masuk Seminari Menengah Xa Doai tahun 1942 dan ditahbiskan menjadi imam tahun 1960.

    Dia melayani paroki-paroki lokal dan bekerja di Rumah Uskup Vinh sampai tahun 1992, ketika dia diangkat menjadi uskup koajutor Vinh. Ia menjadi uskup tahun 2000 dan pensiun 10 tahun kemudian.

    Setelah kematiannya, Gereja di Vietnam memiliki dua uskup emeritus. Mereka adalah Uskup Emeritus Kontum, Mgr. Peter Tran Thanh Chung dan Uskup Emeritus Long Xuyen, Mgr. Yohanes Pembaptis Bui Tuan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI