Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Paus Mengungkapkan Keprihatinannya atas Situasi di Nikaragua

Paus Fransiskus. Pena Katolik

VATIKAN, Pena Katolik – Pada Angelus hari Minggu, Paus Fransiskus mengungkapkan keprihatinannya yang menyedihkan ketika ketegangan terus meningkat di Nikaragua, di mana pemerintah memberlakukan pembatasan lebih lanjut pada Gereja lokal. Dengan kata-kata penuh rasa sakit, Paus Fransiskus berbicara di Angelus hari Minggu, 21 Agustus 2022, tentang peristiwa beberapa minggu terakhir di Nikaragua. Di negara itu, para imam dan uskupnya, media, dan LSM telah terperangkap dalam serangkaian tindakan pelecehan dan penganiayaan. Mereka dicurigai mendukung penentang pemerintahan Sandinista pimpinan Daniel Ortega.

“Saya mengikuti dengan seksama, dengan keprihatinan dan kesedihan, situasi di Nikaragua, yang melibatkan orang dan institusi. Saya ingin mengungkapkan keyakinan dan harapan saya bahwa, melalui dialog yang terbuka dan tulus, dasar untuk koeksistensi yang penuh hormat dan damai masih dapat ditemukan.”

 Paus kemudian memohon umat untuk berdoa kepada Maria Purísima yang sangat disayangi orang-orang Nikaragua. Ia meminta kepada Tuhan, melalui perantaraan Yang Maha Suci, untuk mengilhami kehendak nyata di hati semua orang.

Paus Fransiskus menggabungkan suaranya dengan suara lembaga-lembaga internasional dan Gereja-Gereja Amerika dan Eropa yang prihatin dengan apa yang terjadi. Sebelumnya di Nikaragua pemerintah melakukan penutupan serangkaian siaran di Stasius Radio Katolik. Pemerintah juga menghentikan pekerjaan LSM, pengusiran dari negara Kongregasi Suster-suster Bunda Teresa, dan penghentian kegiatan gerejaw. Pemerintah juga melakukan penangkapan para imam. Yang terbaru, Pemerintah melakukan pemindahan paksa dan menetapkan Uskup Matagalpa, Mgr. Rolando lvarez sebagai tahanan rumah. Uskup, bersama dengan beberapa imam dan umat awam, telah ditahan di bawah pengawasan di kuria keuskupan sejak awal Agustus.

Polisi mengklaim Uskup telah mencoba untuk mengorganisir kelompok-kelompok kekerasan dan menghasut tindakan kebencian untuk mengacaukan pemerintah. Uskup lvarez juga awalnya mencoba untuk berdoa di jalan, membawa Ekaristi di monstran, tetapi dihentikan oleh petugas polisi. kita berada di tangannya,” tulis uskup berusia 55 tahun itu dalam sebuah tweet saat dia masih di Matagalpa. Hari ini kesehatannya memburuk, meskipun moralnya tetap kuat. Di Managua, dia bisa melihat keluarganya dan bertemu dengan wakil presiden konferensi para uskup, Kardinal Leopoldo Brenes, yang berbicara panjang lebar dengannya.

Kondisi uskup Matagalpa, pemenjaraan para imam dan umat awam yang bersamanya, dan ketegangan sosial di negara itu, juga telah menarik perhatian masyarakat internasional tentang kehidupan demokratis dan sipil di Nikaragua. Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) dan Komisi Antar-Amerika untuk Hak Asasi Manusia (IACHR) telah memperingatkan “penganiayaan” dan “kriminalisasi.” Mereka semua menyerukan kepada pemerintah Ortega untuk melindungi hak asasi manusia universal dan untuk mengembalikan kebebasan kepada mereka yang ditahan secara sewenang-wenang. .

Dalam banyak pesan yang datang dari konferensi para uskup di seluruh dunia, ada juga undangan – yang ditegaskan kembali hari ini oleh Fransiskus – untuk berdoa dan secara aktif dekat dengan negara Amerika Tengah, dan untuk mengakui kesaksian yang mendasari iman dan komunitas yang Itu adalah persembahan pada saat pencobaan.Baru-baru ini, para uskup Kuba, bersama dengan konferensi para uskup Panama dan Venezuela telah mengangkat suara mereka dalam arti yang sama.

Mgr. lvarez sendiri menyatakan keyakinannya dalam doa semua orang dalam menghadapi situasi sulit ini.“Sadar bahwa doa adalah kekuatan orang Kristen,” katanya, menurut laporan media lokal, “undangannya adalah untuk terus memohon Kristus untuk bersyafaat dan awasi kawanan kecil milik-Nya ini.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini