33.3 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

PBB Mengecam Serangan Terhadap Demokrasi dan Gereja di Nikaragua

BERITA LAIN

More
    Polisi Nikaragua berjaga-jaga di tengah situasi semakin tak menentu di negara itu. Vatican News

    NIKARAGUA, Pena Katolik – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres menyatakan keprihatinan besar atas serangan terhadap Gereja dan organisasi masyarakat sipil, Matagalpa, dan Gereja Nikaragua. Antonio menyatakan keprihatinannya yang mendalam atas apa yang disebutnya sebagai penghalang serius kehidupan demokrasi dan sipil di Nikaragua dan tindakan baru-baru ini yang diambil oleh pemerintah terhadap organisasi masyarakat sipil, termasuk Gereja Katolik, seperti penggerebekan semalam oleh nasional Polisi di markas Episkopal di Matagalpa Juru bicara Farhan Haq menyampaikan pesan ini saat konferensi pers di PBB.

    Juru bicara itu mengatakan Sekretaris Jenderal PBB Guterres sekali lagi menyerukan kepada pemerintah Daniel Ortega untuk memastikan perlindungan hak asasi manusia semua warga negara, khususnya hak universal untuk berkumpul secara damai, kebebasan berserikat, berpikir, hati nurani dan agama, sambil menyerukan pembebasan semua orang yang ditahan secara sewenang-wenang.

    Kemarin, polisi nasional Nikaragua melakukan penggerebekan semalam di markas besar Keuskupan Matagalpa, secara paksa membawa sembilan orang, termasuk Uskup Rolando lvarez, dan memindahkan mereka ke Managua. Prelatus itu sekarang berada dalam tahanan rumah di kediamannya di ibukota Nikaragua, sementara delapan lainnya ditahan sambil menunggu penyelidikan.

    Pesan solidaritas dengan Uskup Matagalpa dan Gereja Nikaragua mengalir dari seluruh dunia. Rezim Ortega-Murillo” menyerukan pembebasan segera Uskup Matagalpa dan yang lainnya yang ditahan, serta semua tahanan politik.

    Komisi Hak Asasi Manusia Antar-Amerika (IACHR), sebuah badan otonom dari Organisasi Negara-negara Amerika, mengecam keras apa yang dia gambarkan sebagai eskalasi dalam penindasan terhadap anggota Gereja Katolik di Nikaragua dan mendesak negara untuk segera menghentikannya. bertindak dengan segera membebaskan Uskup Rolando lvarez dan orang-orang yang ditahan lainnya.

    Peristiwa-peristiwa ini, menurut catatan IACHR “merupakan bagian dari konteks sistematis penganiayaan, kriminalisasi, dan pelecehan” terhadap anggota Gereja Katolik di Nikaragua, “karena peran mereka sebagai mediator dalam Dialog Nasional 2018 dan peran penting mereka dalam mencela hak asasi manusia. pelanggaran yang telah terjadi dalam konteks krisis negara.” Komisi sekali lagi menyerukan kepada pemerintah Nikaragua “untuk menghentikan serangan lanjutannya terhadap Gereja Katolik” dan untuk membebaskan “semua orang yang masih dirampas kebebasannya secara sewenang-wenang dan segera menghentikan penindasan di negara.”

    Perwakilan Gereja lokal dari seluruh dunia mengungkapkan solidaritas mereka yang kuat dengan Gereja Nikaragua pada jam-jam ini, mengundang umat beriman untuk berdoa dan menjalin kedekatan aktif dengan komunitas Katolik di negara Amerika Tengah.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI