30.2 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Uskup Ruteng: Pariwisata Manggarai Hendaknya Melibatkan Warga Lokal

BERITA LAIN

More
    Mgr Siprianus Hormat, Uskup Ruteng

    LABUAN BAJO, Pena Katolik – Uskup Ruteng, Mgr Sipri Hormat meminta agar pariwisata di Manggarai Raya, NTT harus melibatkan partisipasi masyarakat lokal. Ia melihat, masyarakat lokal sebagai pelaku dan subyek pariwisata.

    “Pariwisata bukan hanya gawean orang berduit, pariwisata haruslah berpartisipasi. Bukan hanya dalam hal kesejahteraan, bukan sekedar penerima pasif (obyek) keuntungan ekonomi,” kata Mgr. Sipri.

    Pernyataan ini disampaikan Mgr. Sipri dalam sambutannya pada acara Penutupan Festival Golo Koe Labuan Bajo di Waterfront City Marina Labuan Bajo, Senin, 15  Agustius 2022. Festival Golo Koe Labuan Bajo merupakan festival pariwisata kolaborasi Keuskupan Ruteng, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, dan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores.

    Mgr. Sipri menjelaskan pariwisata haruslah berpartisipasi, yang mana masyarakat lokal menjadi pelaku yang mendesain pariwisata sesuai kearifan lokal dan roh spiritualitas setempat. Masyarakat lokal pula yang melaksanakan pariwisata dalam semangat persaudaraan dan kebhinekaan. Pariwisata tentunya menjadi pesta rakyat, bukan hanya pesta turis saja.

     Keuskupan Ruteng terus memperkuat konsep Pariwisata Holistik yang berpartisipasi, berbudaya, dan berkelanjutan dengan menyelenggarakan Festival Golo Koe Labuan Bajo. Pariwisata Holistik yang berarti berpartisipasi, berbudaya, dan berkelanjutan merupakan konsep pariwisata yang diusung oleh Keuskupan Ruteng untuk membuka akses yang luas dari manfaat pariwisata kepada masyarakat.

    Mgr. Sipri mengatakan pariwisata menjadi indah jika bertumbuh dalam keunikan budaya spiritualitas setempat yang inklusif. Pada kesempatan itu Uskup Sipri memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung Festival Golo Koe ini.

    “Pariwisata sesungguhnya mengendus jejak Allah dalam keindahan penciptaan dan perjumpaan sukacita anak manusia,” ungkap Uskup Sipri.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI