26.3 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Paus Fransiskus Tentang Pengendalian Kelahiran: Bisakah Ajaran Gereja Tentang Kontrasepsi berubah?

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus. Dok. Penakatolik

    VATIKAN, Pena Katolik – Dapatkah ajaran Gereja tentang pengendalian kelahiran berubah? Selama penerbangan kembali dari Kanada, seorang jurnalis bertanya kepada Paus Fransiskus tentang kemungkinan perkembangan dalam ajaran Gereja tentang kontrasepsi.

    “Ini sangat tepat waktu. Tetapi ketahuilah bahwa dogma, moralitas, selalu dalam jalur perkembangan, tetapi perkembangan ke arah yang sama,” jawab Paus Fransiskus pada 30 Juli 2022.

    Paus melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia berpikir bahwa perkembangan doktrin moral Katolik, secara umum, baik-baik saja tetapi direkomendasikan secara khusus agar mengikuti aturan yang digariskan oleh teolog abad ke-5 St. Vincent dari Lérins. Paus Fransiskus menjelaskan bahwa St Vincentius mengajarkan “bahwa doktrin yang benar harus berkembang, tidak boleh diam, itu “ut annis consolidetur, dilatetur tempore, sublimetur aetate”.

    “Artinya, ia berkonsolidasi dengan waktu, ia meluas dan mengkonsolidasikan, dan menjadi lebih mantap, tetapi selalu ‘berkembang.’ Itulah sebabnya tugas para teolog adalah penelitian, refleksi teologis. Anda tidak dapat melakukan teologi dengan ‘tidak’ di depannya … magisterium akan menjadi orang yang mengatakan tidak,” tambah paus.

    Paus Fransiskus juga membahas kontroversi baru-baru ini atas sebuah buku yang diterbitkan oleh penerbit Vatikan, yang membahas “kemungkinan legitimasi kontrasepsi dalam kasus-kasus tertentu”. Buku “Etika Teologis Kehidupan: Kitab Suci, Tradisi, dan Tantangan Praktis” adalah sintesis setebal 528 halaman dari sebuah seminar teologi yang disponsori oleh Akademi Kepausan untuk Kehidupan pada tahun 2021.

    Paus Fransiskus berkata: “Mengenai masalah kontrasepsi, saya tahu ada publikasi tentang masalah ini dan masalah pernikahan lainnya. Ini adalah prosiding kongres dan dalam kongres ada hipotesis, kemudian mereka berdiskusi di antara mereka sendiri dan membuat proposal. Kita harus jelas: mereka yang membuat kongres ini melakukan tugas mereka karena mereka mencoba untuk bergerak maju dalam doktrin, tetapi dalam arti gerejawi, tidak keluar, seperti yang saya katakan dengan aturan St Vincent dari Lerins itu.

    Mengenai masalah pengendalian kelahiran, Katekismus Gereja Katolik menyatakan bahwa “niat yang sah dari pihak pasangan tidak membenarkan penggunaan cara-cara yang secara moral tidak dapat diterima (misalnya, sterilisasi langsung atau kontrasepsi).”

    St Paulus VI mengeluarkan Humanae Vitae, ensiklik penting yang menegaskan kembali ajaran Gereja menentang kontrasepsi, pada 25 Juli 1968. Dalam ensiklik itu, Paulus VI memperingatkan konsekuensi sosial yang serius jika penggunaan kontrasepsi secara luas diterima. Dia meramalkan bahwa itu akan mengarah pada perselingkuhan, penurunan moralitas, hilangnya rasa hormat terhadap wanita, dan kepercayaan bahwa manusia memiliki “kekuasaan tak terbatas” atas tubuh.

    Konferensi pers Paus Fransiskus di bidang kepausan menyentuh banyak topik, termasuk kemungkinan pensiunnya dan tanggapannya terhadap “Jalan Sinode” Jerman. Paus Fransiskus juga menggambarkan pemindahan paksa anak-anak Pribumi dari keluarga mereka dan perlakuan mereka di sistem sekolah perumahan Kanada sebagai bentuk “genosida budaya.”

    Selama perjalanan selama seminggu ke Kanada, paus melakukan perjalanan ke Edmonton, Québec, dan Iqaluit dalam apa yang disebutnya “ziarah pertobatan” untuk meminta maaf kepada masyarakat adat negara itu. Setibanya di Roma pada Sabtu pagi, paus pergi ke Basilika St. Mary Major Roma untuk berdoa sejenak di hadapan ikon Santa Perawan Maria.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI