27.3 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Paus Fransiskus Meminta Maaf Kepada Penduduk Asli Kanada atas Kesalahan yang Dilakukan Gereja Katolik

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus di Gereja Hati Kudus Yesus di Edmonton Kanada. Vatican Media

    OTAWA, Pena Katolik – Dalam pidato di pedesaan Kanada di depan kerumunan penduduk asli Kanada, Paus Fransiskus secara terbuka meminta maaf atas peran Gereja Katolik dalam menjalankan sebagian besar sistem sekolah perumahan yang disponsori pemerintah Kanada. Selama lebih dari satu abad beroperasi, sistem ini bekerja untuk menghilangkan aspek budaya asli, bahasa, dan praktik keagamaan tradisional.

    “Saya di sini karena langkah pertama dari ziarah pertobatan saya di antara Anda adalah meminta maaf lagi, memberi tahu Anda sekali lagi bahwa saya sangat menyesal,” kata Paus Fransiskus dalam pidatonya pada 25 Juli 2022.

    “Maaf atas cara-cara di mana, sayangnya, banyak orang Kristen mendukung mentalitas penjajah dari kekuatan yang menindas masyarakat adat. Saya menyesal. Saya memohon pengampunan, khususnya, atas cara-cara di mana banyak anggota Gereja dan komunitas religius bekerja sama, paling tidak melalui ketidakpedulian mereka, dalam proyek penghancuran budaya dan asimilasi paksa yang dipromosikan oleh pemerintah pada waktu itu, yang memuncak dalam sistem dari sekolah perumahan.”

    Pidato tersebut menandai pidato publik pertama Paus Fransiskus sejak tiba di Kanada pada 24 Juli 2022 untuk kunjungan selama seminggu. Ia berada di Maskwacis, sebuah kota pedesaan sekitar satu jam perjalanan ke selatan Edmonton.

    Sebelum naik ke panggung, Paus berdoa dalam di lokasi bekas Sekolah Perumahan Ermineskin, yang di dalamnya terdapat makam beberapa mantan siswa. Hadir dalam pidato paus, bersama dengan beberapa ratus penduduk asli dalam pakaian tradisional, adalah Gubernur Jenderal Kanada, Mary Simon, dan Perdana Menteri Justin Trudeau. Paus berusia 85 tahun itu akhir-akhir ini menderita masalah kesehatan, dan sering menggunakan kursi roda selama berbulan-bulan karena cedera lutut. Untuk pidato ini, Paus Fransiskus didorong ke atas panggung dengan kursi rodanya, dan berdiri dengan bantuan tongkat.

    Paus mencium banner dengan nama-nama korban perundungan di Sekolah Perumahan di Kanada. Vatican Media

    Fransiskus menggambarkan permintaan maafnya sebagai “titik awal” di jalan menuju penyembuhan, yang mencakup “penyelidikan serius terhadap fakta-fakta tentang apa yang terjadi di masa lalu dan untuk membantu para penyintas sekolah tempat tinggal untuk mengalami penyembuhan dari trauma yang mereka derita.”

    Sekolah perumahan Kanada, meskipun didanai pemerintah, dikelola dan dijalankan oleh Gereja-Gereja lokal, yang mayoritas beragama Katolik. Suster-suster Misionaris Oblat Maria Tak Bernoda memainkan peran besar dalam menjalankan sekolah. Sekolah-sekolah secara luas bekerja untuk menghilangkan identitas, praktik, dan bahasa asli siswa asli, seringkali bertentangan dengan keinginan suku anak-anak. Mantan siswa di sekolah telah menggambarkan penganiayaan dan bahkan pelecehan di dalam tembok mereka, bersama dengan kritik luas terhadap kualitas pendidikan yang mereka terima, kerusakan psikologis, dan masalah lain seperti kekurangan gizi dan kondisi tidak sehat.

    “Meskipun amal Kristen tidak absen, dan ada banyak contoh pengabdian dan perawatan yang luar biasa untuk anak-anak, dampak keseluruhan dari kebijakan yang terkait dengan sekolah perumahan adalah bencana besar,” lanjut paus.

    “Apa yang dikatakan oleh iman kami adalah bahwa ini adalah kesalahan besar, tidak sesuai dengan Injil Yesus Kristus. Sangat menyakitkan untuk memikirkan bagaimana nilai, bahasa, dan budaya yang kokoh yang membentuk identitas asli masyarakat Anda terkikis, dan Anda terus membayar harga untuk ini. Dalam menghadapi kejahatan yang menyedihkan ini, Gereja berlutut di hadapan Tuhan dan memohon pengampunan-Nya atas dosa-dosa anak-anaknya… Saya sendiri ingin menegaskan kembali hal ini, dengan rasa malu dan dengan jelas. Saya dengan rendah hati memohon pengampunan atas kejahatan yang dilakukan oleh begitu banyak orang Kristen terhadap masyarakat adat.”

    Laporan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Kanada dirilis pada tahun 2015, dan meminta permintaan maaf dari paus atas pelanggaran yang terungkap dalam waktu satu tahun setelah dirilis. Pada Maret 2022, Paus Fransiskus bertemu dengan perwakilan masyarakat adat Métis dan Inuit, dan dengan para uskup Katolik Kanada, keduanya di Vatikan, dan meminta maaf secara pribadi kepada mereka.

    Kepala Wilton Littlechild, seorang pemimpin dan advokat pribumi Kanada terkemuka yang menghadiri pertemuan Vatikan, membuka upacara di Maskwacis dengan menyambut Paus Fransiskus ke tanah airnya.

    “Yang Mulia, Anda telah datang ke tanah kami sebagai tanggapan atas undangan kami. Anda telah mengatakan bahwa Anda datang sebagai peziarah, berusaha untuk berjalan bersama kami di jalan kebenaran, keadilan, penyembuhan, rekonsiliasi, dan harapan. Kami dengan senang hati menyambut Anda untuk bergabung dengan kami dalam perjalanan ini,” kata Littlechild.

    “Seperti yang Anda akui dalam pidato Anda kepada kami di Roma, kami Masyarakat Adat berusaha untuk selalu mempertimbangkan dampak dari peristiwa saat ini dan musyawarah pada generasi mendatang. Dalam semangat itu, kami dengan tulus berharap bahwa pertemuan kami pagi ini, dan kata-kata yang Anda bagikan kepada kami, akan bergema dengan penyembuhan sejati dan harapan nyata di banyak generasi yang akan datang.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI