34.8 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

Ekaristi Menunjukkan, Bahwa Hidup adalah Berharap dan Mengampuni

BERITA LAIN

More

    Timothy Radcliffe OP

    Pena Katolik – Menjadi sepenuhnya hidup berarti mampu berharap, dan memaafkan. Ekaristi adalah ekspresi harapan yang berani yang bertentangan dengan dunia yang tampaknya bertekad untuk menghancurkannya. Tetapi untuk hidup sepenuhnya dengan harapan sekarang, di masa yang sarat malapetaka ini, kita juga perlu memaafkan. Kita memulai setiap Ekaristi dengan mengingat dosa-dosa kita dan memohon pengampunan. Ini adalah cara yang aneh untuk memulai sebuah perayaan! Cawan yang diberkati pada Perjamuan Terakhir adalah “perjanjian baru dan abadi yang dicurahkan bagimu dan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa”. Mendekati klimaks, kita melihat Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. Yudaisme dan Islam sama-sama percaya pada Tuhan yang berbelas kasih, tetapi Kekristenan adalah unik karena memiliki pengampunan pada intinya.

    Tapi di sini kita sampai pada kesulitan. Banyak anak muda yang tidak tertarik pada agama yang terus-menerus tentang dosa. Orang-orang tidak mau datang ke gereja untuk diberitahu bahwa mereka adalah orang-orang yang sangat berdosa sehingga membutuhkan pengampunan. Kedengarannya menghancurkan dan menyedihkan. Hidup ini cukup sulit tanpa selalu diberitahu bahwa saya adalah orang berdosa. Seolah-olah Anda harus terlebih dahulu meyakinkan orang bahwa pakaian mereka kotor sehingga mereka akan membeli merek Anda. Itulah sebabnya, ketika saya berkhotbah, saya hampir tidak pernah menggunakan kata “dosa”.

    Orang sering mengklaim bahwa kaum muda telah kehilangan kesadaran akan dosa. Tapi ini adalah kesalahan. Ini telah bergeser. Ada cara baru untuk memahami dosa. Padahal, kaum muda memiliki idealisme moral yang sangat tinggi. Mereka jauh lebih baik dan lebih toleran daripada generasi saya sebelumnya. Ada rasa yang mendalam tentang kesetaraan semua perempuan dan laki-laki. Prasangka terhadap orang atas dasar warna kulit atau orientasi seksual mereka dibenci.

    Ada rasa akut kerusakan yang kita lakukan terhadap lingkungan dan kengerian pelecehan seksual. Tapi idealisme ini bisa menghancurkan. Bagaimana kita bisa menanggung cita-cita ini jika tidak ada pengampunan atas semua kegagalan kita? Almarhum Kardinal Francis George, Uskup Agung Chicago, pernah menulis bahwa di dunia sekarang ini “… sementara praktis semuanya diizinkan, praktis tidak ada yang diampuni”. Suasananya penuh dengan tuduhan. Dunia terbagi menjadi korban dan pelaku. Satu kesalahan, satu momen kegilaan, akan tetap tercatat selamanya. Media sosial tidak melupakan apa pun.

    Kita dinodai oleh hubungan apa pun dengan kesalahan nenek moyang kita. Patung-patung dirobohkan, sekolah, gedung, dan jalan diganti namanya. Mantan pahlawan seperti Mahatma Gandhi dan Aung San Su Kyi dikecam sebagai penjahat. Kita harus murni, tidak ternoda, tidak tercemar.

    Ini adalah “spiral kemurnian”. Orang-orang bekerja lebih keras dan lebih keras untuk melepaskan diri dari yang tidak murni, yang ofensif. Jadi anak-anak kita dibebani dengan kegagalan untuk mencapai kesempurnaan moral, dan seringkali tidak memiliki konsep pengampunan. Dan otoritas Gereja untuk mengkhotbahkan pengampunan sangat dikompromikan oleh krisis pelecehan seksual.

    Siapakah kita untuk memberi tahu orang lain bahwa dosa harus diampuni? Beraninya kita? Ketika Anda menjadi seorang Dominikan, Anda berbaring di tanah di depan pakaian Anda dan Provinsial bertanya kepada Anda: “Apa yang Anda cari?” Dan Anda menjawab:

    “Rahmat Tuhan dan milikmu.” Anda meminta untuk bergabung dengan komunitas yang didirikan atas dasar belas kasihan. Inti dari formasi Anda adalah belajar apa artinya memberi dan menerima belas kasihan. Itu tidak berarti melupakan – “Oh, saya sangat menyesal telah membunuh direktur pemula”; “Oh, kita semua terbawa suasana. Mari kita lupakan itu”. Memaafkan berarti sesuatu yang sangat berbeda.

    Hanya ada satu tindakan pengampunan yang besar, dan itu adalah Minggu Paskah. Pada hari Jumat Agung kita menaruh Cinta yang Berinkarnasi di kayu salib. Kami menolak Tuhan yang adalah kasih. Salib adalah tindakan penghancuran yang tandus, steril dan tidak berarti. Tetapi pada hari Minggu Paskah, Yesus bertemu Maria Magdalena di sebuah taman.

    Ini adalah musim semi Tuhan yang tak tertahankan. Kayu salib yang mati berbunga. Pada saat itu, semuanya dimaafkan. Kita tidak perlu melupakan. Izinkan saya memberikan dua contoh saja, keduanya adalah teman Dominika. Pierre Claverie adalah seorang Dominikan Prancis, seorang uskup di Aljazair. Pierre mengabdikan seluruh hidupnya untuk berdialog dengan Islam. Ketika negara yang indah itu dilanda kekerasan gila pada 1990-an, dia tahu bahwa kemungkinan besar dia akan dibunuh, seperti para biarawan Trappist yang digambarkan dalam Of Gods and Men.

    Suatu hari dia kembali ke Oran, di mana dia menjadi uskup, dari sebuah pertemuan di Aljazair. Teroris sudah menunggu. Dia memasuki rumahnya dengan seorang teman muda Muslim yang menjemputnya dari bandara. Sebuah bom meledak dan tubuh mereka hancur. Ketika saya tiba untuk pemakaman tiga hari kemudian, saya menemukan seorang saudari masih mengumpulkan jenazah di dalam sendok. Penghancuran brutal dua teman, satu Kristen, satu Muslim.

    Seribu Muslim datang ke pemakaman Pierre. Pada akhirnya seorang wanita muda Muslim berdiri dan berkata bahwa dia telah meninggalkan imannya tetapi Pierre telah membawanya kembali. Dia adalah uskup umat Islam juga. Semua orang di jemaat mulai berkata juga: dia adalah uskup umat Islam.

    Ketika saya pergi ke Oran untuk beatifikasinya, saya menemukan makamnya ditutupi dengan bunga yang ditinggalkan oleh peziarah Muslim dan Kristen. Itulah kesuburan memaafkan, bukan melupakan. Yesaya memproklamirkan: “padang belantara dan tanah kering akan bergembira, padang gurun akan bergembira dan berkembang; seperti crocus, ia akan mekar dengan berlimpah dan bersukacita dengan sukacita dan nyanyian … kemudian orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan lidah orang bisu bernyanyi kegirangan. Karena air akan pecah di padang gurun, dan sungai-sungai di padang gurun” (Yesaya 35:1, 6).

    Contoh lain, teman lain. Sister Pauline Quinn OP dilahirkan dalam keluarga non-Kristen yang kaya di Hollywood, tetapi dia menderita pelecehan seksual yang mengerikan. Dia dikirim ke banyak institusi di mana dia diperkosa berulang kali, termasuk oleh para dokter. Dia mulai memotong tubuhnya. Lengannya ditutupi dengan bekas luka. Dia menjadi gelandangan yang hidup di jalanan selama bertahun-tahun. Dan kemudian dia bertemu dengan seorang saudari Katolik, dan juga seekor anjing, seorang gembala Jerman bernama Joni. Mereka memberinya keamanan dan kasih sayang untuk pertama kalinya. Dia diterima di Gereja dan akhirnya diterima sebagai sister Dominikan. Hidupnya menjadi luar biasa berbuah. Dia bekerja dengan korban perang dari seluruh dunia, memungkinkan mereka untuk memiliki kaki palsu, mencarikan mereka pekerjaan. Dia bekerja dengan tahanan, melatih mereka untuk melatih anjing untuk membantu orang cacat. Kasih karunia menang atas keburukan dosa, dan hidupnya menjadi indah. Dia meninggal karena kanker dua tahun lalu.

    Terkadang musim semi pengampunan membutuhkan waktu lama untuk tiba. Seseorang tidak bisa memaksanya. Kami melihat ini terutama dengan pengampunan untuk pelecehan seksual. Kita berdoa setiap hari, “Ampunilah dosa-dosa kami seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami”, tetapi kami tidak dapat menuntut orang lain agar mereka mengampuni. Itu akan menjadi bentuk lain dari pelecehan. Ketika orang tersesat dalam apa yang disebut Stephen Cherry sebagai “belantara luka”, mereka harus diberi waktu untuk pengampunan muncul. Luka berpuluh-puluh tahun, bahkan berabad-abad, tidak dapat disembuhkan atas perintah kita, seperti halnya tubuh kita yang terluka. Dokter bedah saya memberi tahu saya bahwa luka operasi terakhir saya akan memakan waktu 18 bulan untuk mengangkat tumor kanker agar sembuh sepenuhnya.

    Pikirkan waktu yang akan dibutuhkan sebelum rakyat Ukraina bahkan dapat mulai merenungkan pengampunan dari mereka yang bahkan sekarang membawa penderitaan mereka yang mengerikan. Pengampunan tidak dapat dipisahkan dari kesabaran.

    Jadi menjadi orang yang pemaaf bukanlah tentang menjadi pelupa. Itu membuka pintu bagi anugerah kreatif Tuhan. Hal ini tidak terlepas dari belajar berbicara dengan orang lain yang telah menyakiti Anda. Mencairkan laut; membuka jalan bagi kata-kata penyembuhan; membiarkan gurun tandus yang terluka disentuh oleh musim semi.

    Kita harus ingat bahwa baik orang yang terluka maupun orang yang terluka tidak ditentukan oleh tindakan. Mereka tidak boleh terjebak dengan label “korban” dan “pelaku” selamanya. Ada persaudaraan Dominikan Awam di AS yang sebagian besar anggotanya adalah orang-orang yang dipenjara karena pembunuhan. Mereka mungkin telah melakukan pembunuhan tetapi mereka tidak selamanya dipenjarakan menurut definisi, “pembunuh”. Saya senang bertemu dengan seorang pembunuh bayaran Mafia tua yang telah membunuh banyak orang tetapi sekarang membacakan singkatannya. Dia bilang dia merasa seperti biarawati tertutup Dominikan. Aku bangga dia adalah saudaraku.

    Kita membagikan iman kita secara eksplisit melalui kata-kata atau secara implisit melalui cara kita hidup. Kami percaya bahwa iman kami benar, dan manusia hanya dapat berkembang di udara kebenaran yang jernih. Tuhan kebenaran memanggil kita untuk hidup sekarang.

    Dan kita melakukan ini dengan melepaskan beban masa lalu dan membuka diri terhadap janji masa depan. Jika ini membebaskan kita untuk hidup, orang mungkin bertanya-tanya mengapa. Kita bahkan mungkin sedikit terbakar, seperti semak yang terbakar yang dilihat Musa. Dia kemudian berkata, “Apa yang terjadi di sini? Mari kita lihat!”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI