33 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Seorang Uskup di Kosta Rika Berlutut di Hadapan Suster Provinsial Misionaris Cinta Kasih yang Diusir dari Nikaragua

BERITA LAIN

More
    Mgr Eugenio Salazar Mora berlutut di hadapan Provinsial Suster Cinta Kasih yang diusir dari Nikaragua. CNA

    KOSTA RIKA, Pena Katolik – Uskup Tilarán-Liberia, Kosta Rika, Mgr Eugenio Salazar Mora, berlutut saat dia menyapa atasan Misionaris Cinta Kasih, yang diusir dari Nikaragua oleh pemerintahan Presiden Daniel Ortega. Suster-suster ordo yang didirikan oleh St. Teresa dari Calcutta disambut di Kosta Rika di sebuah paroki di kota Cañas.

    Sebuah video yang diposting oleh uskup di Facebook menunjukkan dia menyapa para biarawati satu per satu, yang pada gilirannya mencium cincin uskupnya. Ketika dia datang ke atasan, Salazar berlutut dan dialah yang mencium tangan saudari itu.

    Keuskupan Tilarán-Liberia menjelaskan bahwa “tanda penghormatan yang [uskup] berikan kepada ibu provinsi adalah tanda bahwa dia siap melayani dan melayani komunitas ini.”

    “Mereka mengalami masa-masa sulit, takut akan keselamatan pribadi mereka, mengetahui bahwa mereka berasal dari beberapa kebangsaan yang berbeda dan beberapa dari mereka lebih tua. Mereka sangat khawatir sampai mereka tiba di wilayah Kosta Rika,” lanjut prelatus itu.

    “Jika terserah mereka, mereka akan tinggal di Nikaragua; mereka mencintai Nikaragua, orang-orang Nikaragua, terutama mereka yang paling membutuhkan,” kata uskup itu.

    “Saya tidak melihat ada kesalahan di pihak mereka, mereka hanya perempuan, pasangan Yesus Kristus, religius yang disucikan, yang hanya bertujuan untuk melayani orang miskin, untuk melakukan banyak hal yang banyak orang lain tidak lakukan,” tegasnya.

    “Tapi, yah, itulah kehidupan orang Kristen; juga dimensi kemartiran adalah bagian dari spiritualitas Kristen. Gereja Yesus Kristus adalah Gereja yang dianiaya – jika tidak, itu bukan milik Kristus,” kata Mgr. Salazar.

    Setelah meminta doa untuk Nikaragua, prelatus itu menekankan bahwa “dalam menerima Anda, kami telah menerima Yesus Kristus. Anda adalah wanita pemberani, kesederhanaan. Percayakan pada kami, kami siap melayani Anda.”

    Rezim Ortega, yang berkuasa selama 15 tahun, mengusir 18 Misionaris Cinta Kasih dari negara Amerika Tengah itu pada 6 Juli. Menurut kantor berita EFE, pembubaran Missionaries of Charity dan 100 LSM lainnya di Nikaragua telah disetujui pada 29 Juni oleh Majelis Nasional atas dasar “mendesak” dan tanpa perdebatan apapun.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI