33 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Kencan Dengan Tuhan Senin, 11 Juli 2022: Nilai Utama Doa

BERITA LAIN

More

    Bacaan: Yesaya 55:3a

    “Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup!”

    Salah satu grup WA saya adalah murid-murid di salah satu kelas 5. Setiap pagi saya kirimkan audio Kencan Dengan Tuhan. Pernah beberapa kali saya terlambat mengirimkan, lalu ada satu anak yang berkata, “Pak Doddy, hari ini nggak ada firman?” Kemudian saya kirim. Dan setiap kali saya terlambat kirim, dia selalu bertanya seperti itu. Suatu ketika saya melihat di instagramnya, dia sedang duduk diam mendengarkan audio Kencan Dengan Tuhan dan divideokan oleh orang tuanya.

    Salah satu cara yang paling tepat agar kita bisa mengenal Tuhan adalah dengan mengalaminya secara pribadi. Dan yang luar biasa, banyak dari pengalaman-pengalaman secara pribadi itu datang dalam doa. Ketika kita mendengarkan dengan diam, kita akan dapat benar-benar mendengar dan mengenali suara Tuhan berbisik dalam hati kita. Semakin kita rajin melatih kepekaan ini, maka kita pun akan dengan mudah mendengar suaranya walaupun di tengah hiruk pikuk ramainya lalu lintas.

    Soren Kierkegaard mengatakan, bahwa kebanyakan dari kita begitu sibuk, sehingga kita tidak mau menunggu Tuhan dengan sabar. Kita mungkin menganggap bahwa janji dengan seorang penata rambut tidak bisa dilanggar, namun saat Tuhan meminta waktu kita, kita acuh tak acuh dan meminta toleransi untuk bisa meninggalkan persekutuan pribadi kita dengan Tuhan. Seringkali bukannya menghabiskan waktu bersama Tuhan dan menikmati hadirat-Nya serta meresapi kasih-Nya, tapi kita malahan menciptakan pengganti pengganti lainnya untuk menggantikan saat-saat pribadi bersama dengan-Nya. Mungkin hal itu bisa saja dalam bentuk kegiatan yang tampaknya rohani, seperti melayani Tuhan di gereja, datang di berbagai acara rohani ataupun melakukan perbuatan-perbuatan baik lainnya. Memang itu semua adalah kegiatan yang baik, namun tidak setara dengan berdiam diri di hadapan Tuhan untuk bersekutu secara pribadi.

    Nilai tertinggi dari doa adalah saat kita bisa menciptakan hubungan secara pribadi dengan Tuhan. Dibutuhkan baik waktu maupun kesediaan kita untuk datang kepada Tuhan. Tidak ada hal lain yang bisa menggantikan hubungan kita yang intim dengan Tuhan. Itu hanya bisa terjadi dalam doa. Karena nilai utama dari ketekunan kita dalam doa bukanlah bahwa Tuhan akan mendengar kita, namun bahwa kita pada akhirnya akan mendengar Dia. Tuhan Yesus memberkati.

    Doa:

    Tuhan Yesus, aku rindu untuk dapat bersekutu secara pribadi dengan-Mu. Mampukanlah aku untuk melakukan hal itu, karena aku menyadari ada banyak godaan saat aku ingin berdoa. Amin. (Dod).

    Selamat pagi dan berkiprah dihari Senin.Tuhan Yesus Yang Maharahim dn Sang Raja Damai membentengi kita sekeluarga dn umat manusia dimuka bumi yang berserah padaNya dengan para malaikat yang kudus dan menutup bungkus dengan DarahNya Yang Mahakudus serta melindungi kita sekel dan manusia diseluruh dunia yang berserah padaNya dari pandemi Covid 19 dan mendamaikan peperangan di Ukraina dn dunia serta memberi kesejahteraan dn kesehatan prima sepanjang tahun 2022.Amen.

    Michael Utama OP

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI