Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Paus Fransiskus Bersedih atas Pembunuhan ‘Tidak Masuk Akal’ Shinzo Abe

Paus Fransiskus dan Shinzo Abe saat kunjungan Apostolik Paus ke Jepang tahun 2019. Vatican Media

VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus telah menyampaikan “belasungkawa yang tulus” kepada orang-orang terkasih Shinzo Abe, setelah pembunuhan mantan perdana menteri Jepang pada hari Jumat, 8 Kuli 2022. Bapa Suci mengatakan dia berdoa agar setelah “tindakan tidak masuk akal ini,” “masyarakat Jepang akan diperkuat dalam komitmen historisnya terhadap perdamaian dan non-kekerasan.”

Sekretaris Negara Vatikan, Kardinal Pietro Parolin, mengirim telegram yang menyatakan belasungkawa Paus kepada Nuncio Apostolik negara Asia itu, Leo Boccardi. Bapa Suci mengungkapkan “kesedihan mendalam” saat mengetahui pembunuhan mantan perdana menteri, dan menyampaikan “belasungkawa yang tulus” kepada keluarga dan teman-teman Abe, dan kepada orang-orang Jepang.

“Setelah tindakan tidak masuk akal ini,” Paus berdoa “agar masyarakat Jepang akan diperkuat dalam komitmen bersejarahnya terhadap perdamaian dan antikekerasan.” Pemimpin modern terlama di Jepang ditembak mati pada hari Jumat saat membuat pidato kampanye. Pada hari Sabtu, ada aliran pelayat yang mengunjungi lokasi pembunuhan.

Sebelumnya, Paus Fransiskus pernah berjumpa secara langsung dengan Shinzo Abe dalam kunjungan Apostoliknya ke Jepang. Bapa Suci melakukan Perjalanan Kerasulan ke Jepang pada tahun 2019. Berikut adalah teks bahasa Inggris asli dari telegram:

Yang Terhormat Leo Boccardi

Nunsius Apostolik di Jepang

Tokyo

Yang Mulia Paus Fransiskus sangat sedih mengetahui pembunuhan Tuan Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri Jepang, dan dia menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga, teman, dan orang-orang Jepang. Setelah tindakan tidak masuk akal ini, dia berdoa agar masyarakat Jepang diperkuat dalam komitmen bersejarahnya terhadap perdamaian dan antikekerasan.

Kardinal Pietro Parolin

Sekretaris Negara

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini