27.2 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

Orang Muda Kristen Mendukung Pembukaan Kembali Perpustakaan di Mosul Setelah Ditutup Akibat Perang

BERITA LAIN

More
    Perpustakaan di Universitas Mosul. IST

    MOSUL, Pena Katolik – Di Mosul dan di Dataran Niniwe, Irak jaringan perpustakaan dan toko buku telah hancur setelah serangan jihadis dan intervensi militer. Pada tahun-tahun 2014 hingga 2017, banyak toko buku ditutup paksa, perpustakaan-perpustakaan bernilai sejarah tinggi dihancurkan. Meski begitu koleksi buku dan manuskrip kuno diambil untuk menyelamatkannya dari penjarahan dan kehancuran.

    Sekarang, di antara tanda-tanda “awal baru” kehidupan sosial dan masyarakat di wilayah Irak itu adalah dibukanya kembali perpustakaan, toko buku, dan pusat kebudayaan. Sebuah fenomena yang secara unik melibatkan beberapa anak muda yang tergabung dalam komunitas Kristen asli.

    Di desa Sirishka, di distrik Alqosh, timur laut Mosul, minat dan keterlibatan penduduk setempat tumbuh di sekitar inisiatif Janan Shaker Elias, seorang wanita muda g membuka publik perpustakaan pribadi yang segera menjadi pusat pertemuan dan pertukaran budaya. Saat ini, situs tersebut menawarkan hampir 2.000 volume referensi gratis (jumlah yang perlahan tapi pasti meningkat), dibagi berdasarkan genre dan disiplin ilmu, dan juga berfungsi sebagai pusat reservasi buku.

    Ide membuka toko buku – seperti yang dijelaskan Janan sendiri di media lokal – sudah ada di benak wanita muda itu sejak lama, dan bahkan sebelum konflik terakhir dia terpaksa memesan buku secara online dan mengharapkan waktu pengiriman yang lama. Niat ini semakin kuat ketika Janan dan keluarganya terpaksa meninggalkan desanya karena terancam oleh para jihadis Negara Islam (Daesh).

    Kembali ke Sirishka, dan setelah menyelesaikan studi universitasnya, Janan akhirnya dapat mewujudkan mimpinya. Kekhawatiran kaum muda Kristen tentang peran yang dimainkan perpustakaan dan toko buku juga muncul pada akhir Juni di Fakultas Ilmu Budaya Universitas di Mosul, di mana beberapa orang menghadiri diskusi disertasi tentang perusakan perpustakaan dan dampak negatifnya terhadap perdamaian masyarakat di Irak. Dalam penelitiannya, Sanbla Aziz Shihab, mahasiswa pascasarjana, berfokus pada penghancuran perpustakaan Kristen di Mosul dan kota-kota di Dataran Niniwe.

    Februari lalu, pembukaan kembali Perpustakaan Universitas Mosul, yang dibangun kembali setelah kehancuran yang diderita selama serangan militer terhadap penjajah Daesh, disajikan oleh media internasional sebagai tanda “awal baru” kota metropolitan Irak utara. Selama bertahun-tahun. pembantaian, pengeboman, dan pelarian massal mewarnai wilayah itu. Kini perdamaian perlahan semakin berkembang.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI