33.3 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

Frater dan Susuter Dominikan Asal Indonesia Mengikrarkan Janji Setia di Manila

BERITA LAIN

More
    Pengikraran Kaul para Frater Dominikan di St Domingo Quezon City. IST

    Sebanyak lima Frater Dominikan asal Indonesia mengucapkan kaul dalam Ordo St. Dominikus (Ordo Praedicatorum/OP) di Gereja St. Domingo Quezon City, Filipina pada tanggal 24 Mei 2022. Pengikraran kaul ini bertepatan dengan Peringatan Pemindahan Relikui St. Dominikus.

    Kelima frater ini adalah Fr. Dominico Xaverio Budoyo Setiawan, OP; Fr. Tommy Riezky Tiyanto, OP; Fr. Robertus Silveriano Raditya Dearbantolo, OP; Fr. Gian Linardo Mari T. Estrella, OP; dan Fr. Diego Ardianto Halim, OP. Kelima frater ini mengikrarkan kaul bersama dengan dua frater asal Filipina yaitu Fr. Nico Paolo P. Moron, OP; dan Fr. Eugene Dominic V. Aboy, OP. Mereka menerima profesi mereka dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin Pastor Filemon I. de la Cruz, Jr., OP (Provinsial Dominika Filipina).

    Dalam homilinya, Pastor de la Cruz mengingatkan para frater, bahwa mereka tidak hanya mempercayakan hidup mereka kepada ordo tetapi juga mempercayakan kepada mereka hidup dan misinya, khususnya Provinsi. Ia juga menyatakan, bahwa para frater yang mengikrarkan kaul memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Tanggung jawab ini akan menjadi semakin besar, saat mereka berpartisipasi dalam karya misi.

    Para frater Indonesia memakai toga yang baru saja menyelesaikan program STB di Universitas ST Thomas Manila. IST

    Pastor de la Cruz mengingatkan, mereka hanya harus terus bertumbuh dalam pengalaman, anugerah, dan kebijaksanaan. Ia mengingatkan agar para frater fokus dalam mengejar kekudusan, dan bukan hal lain. Para frater diingatkan untuk meneladan St. Dominikus, yang secara konsisten diidentifikasi sebagai abdi Allah.

    “St. Dominikus akan menjadi teladan kita dalam usaha kita untuk hidup suci,” ujarnya.

    Perayaan ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk menghindari penularan COVID-19. Misa ini dihadiri banyak saudara dan keluarga dari para frater yang mengikrarkan kaul. Mereka yang tidak hadir secara fisik bergabung dalam Misa ini melalui tayangan live streaming.

    Hingga saat ini, para calon Imam Dominikan asal Indonesia menjalani masa formasi mereka di Manila Filipina. Hal ini karena Dominikan di Indonesia masih menjadi bagian dari Dominikan Provinsi Filipina. Fr. Dominico dan Fr. Tommy beberapa waktu lalu juga baru saja meraih gelar Baccalaureate of Sacred Theology (STB) dari Universitas St. Thomas, Manila bersama tiga frater lain asal Indonesia yaitu; Fr. Alfonsus Agus  Syawal Yudhistira, OP; Fr. Lukas Sabdaningrat, OP; serta Fr. Johnny Luntungan, OP.

    Selain itu, bulan Mei juga menjadi awal bagi lima frater Indonesia yang akan memulai masa formasi di Novisiat Ordo Dominikan, mereka adalah Fr. Piter Robertus; Fr. Bellarmino Simamora; Fr. Ari Rufinus Tionaen; Fr. Vincentius Teguh Samudra; Fr. Marco Alberto Damiano Untu; and dan Fr.Alexander Darren Everest Ang.

    Dari Ordo Suster Dominikan, pada 4 Juni 2022 yang lalu, tiga orang suster asal Indonesia juga mengikrarkan kaul religious di Santuario del Santo Cristo, Paroki San Juan, Manila. Mereka adalah Sr. Skolastika Jaya, OP, Sr. Afriyani Selastri, OP, dan Sr. Beatrix Lestaro Daro, OP. Para Suster Dominikan ini mengikrarkan kaul dalam sebuah Perayaan Ekaristi yang dipimpin Uskup Agung Lingayen-Dagupan, Mgr. Socrates B. Villegas OP.

    Tahbisan diakon

    Sementara itu, pada pesta St. Pius V, 30 April 2022 yang lalu seorang calon Imam Dominikan asal Indonesia juga ditahbiskan menjadi diakon. Fr. Rambang Ngawan, OP ditahbiskan menjadi daikon di Gereja St. Domingo Quezon City. Sebagai penahbis adalah Uskup Emeritus Novaliches, Mgr. Teodoro C. Bacani, Jr., OP, DD. Fr Rambang ditahbiskan bersama dia frater asal Filipina yaitu Fr. Reginald R. Zamora, OP; dan Fr. John Andrew S. Bautista, OP.

    Dalam homilinya, Mgr. Bacani mengingatkan para frater bahwa mereka setelah ditahbiskan adalah terutama hamba Tuhan dan Gereja-Nya. “Sebagai diakon, Anda harus melayani dengan kasih yang besar dan kesabaran yang bertahan lama seperti Yesus. Kalian harus melayani dengan sukacita yang besar dan terus-menerus, serta kreatif dalam pelayanan mereka.”

    Mgr. Bacani bahkan mengutip ungkapan dari Albert Schweitzer: “Ketika Anda mencari dan menemukan apa yang harus dilayani, Anda akan bahagia.” Sesaat setelah perayaan Ekaristi dan kesempatan berfoto, mereka yang hadir pergi ke UST-Angelicum Gymnasium untuk beberapa minuman. (The Official Newsletter of the Dominican Province of the Philippines).

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI