31.3 C
Jakarta
Monday, May 6, 2024

Lagi Penculikan Terhadap Gadis Kristen Terjadi di Pakistan, Terkait Pemaksaan Pindah Agama dan Kawin Paksa

BERITA LAIN

More
    Seorang gadis berana Saba Nadeem yang diculik beberapa waktu lalu di Pakistan. Herald Malaysia

    PAKISTAN, Pena Katolik – Dua pria di menculik seorang gadis Kristen berusia 15 tahun di Faisalabad, Pakistan. Kejadian ini kembali terulang setelah rangkaian tindakan criminal yang menyasar kaum minoritas di Pakistan.

    Gadis itu, yang sedang dalam perjalanan untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga, didorong ke dalam becak oleh dua pria berusia sekitar 40 tahun. Dikhawatirkan, seperti dalam kasus serupa, penculiknya akan memaksa gadis itu menandatangani surat keterangan masuk Islam untuk mendaftarkan pernikahan. Aktivis hak asasi manusia Lala Robin Daniel akan melakukan aksi duduk di Faisalabad dan tinggal bersama keluarga korban sampai pengadilan mengambil tindakan nyata terhadap pelakunya.

    Penculikan itu terjadi pada 20 Mei 2022. Saat itu, Saba (15) dan saudara perempuannya Muqaddas pergi ke Kota Madina, sebuah lingkungan di Faisalabad (Punjab), di mana keduanya dipekerjakan sebagai pekerja rumah tangga. Sekitar pukul 9 pagi, dua pria, Muhammad Yasir dan Muhammad Riaz, bersama yang lain, menghentikan kedua saudara perempuan itu. Setelah menyuruh Muqaddas pergi, mereka menangkap Saba dan melemparkannya ke dalam becak, dan membawanya bersama mereka.

    Menurut ibunya, Rubina Nadeem, Saba diculik karena “berzina” dan ditahan di lokasi yang tidak diketahui. Tariq Iqbal dan Amir Daniel, melihat penculikan gadis itu saat menyeberang jalan dalam perjalanan mereka ke tempat kerja. Ibu Saba mengajukan pengaduan di kantor polisi Kota Madina dengan mengutip Pasal 365-B KUHP Pakistan. Pasal itu berbunyi “Menculik wanita mana pun dengan maksud agar dia dipaksa, atau mengetahui kemungkinan bahwa dia akan dipaksa, untuk menikahi siapa pun yang bertentangan dengan keinginannya, atau agar dia dapat dipaksa, atau dibujuk untuk melakukan persetubuhan terlarang, atau mengetahuinya kemungkinan besar ia akan dipaksa atau dirayu untuk melakukan persetubuhan yang tidak sah, diancam dengan pidana penjara seumur hidup, dan juga dikenakan denda.”

    Saba adalah gadis lugu, korban ketidakadilan yang sayangnya sudah terlalu sering terjadi di Pakistan. Banyak gadis dan remaja putri Kristen menjadi korban penculikan; ketika ini terjadi, penculik muncul beberapa hari kemudian dengan gadis itu dan sertifikat kepindahan agama. Ketika ditanya, dia mengaku telah menerima Islam secara sukarela dan kemudian menikahi penculiknya.

    Menurut aktivis HAM, Simon Aleem, pemerintah harus segera mengambil tindakan terhadap para penculik Saba Nadeem.

    “Bagaimana mungkin seorang gadis di bawah umur, diculik di depan orang-orang, menerima Islamnya atas kehendaknya sendiri dan kemudian menikahi orang yang sama yang menculiknya?”

    Dalam kasus Saba, kedua penculik berusia di atas 45 tahun. Hal yang sama terjadi pada gadis-gadis Kristen lainnya. Ia mempertanyakan bagaimana gadis-gadis di bawah umur jatuh cinta dengan pria yang lebih tua?

    “Setiap kali ada masalah dengan pemerintah atau politisi kaya, pengadilan dibuka bahkan di malam hari, hanya untuk memberikan keadilan kepada orang kaya. Mengapa pengadilan ini tidak bisa tetap terbuka untuk memberikan keadilan kepada keluarga minoritas miskin dan membawa kembali gadis-gadis yang diculik. Waktunya telah tiba untuk bersuara kita secara kolektif melawan kejahatan terhadap minoritas semacam itu,” tutur Daniel.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI