Paus Fransiskus: “Yohanes Paulus I Menunjukkan Gereja Bersinar dengan Terang Tuhan”

0
636
Paus Yohanes Paulus I menggendong seorang anak kecil. IST

VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengirim pesan kepada peserta konferensi warisan Paus Yohanes Paulus I, ia mengatakan pendahulunya masih menawarkan jalan untuk memecahkan tantangan yang dihadapi Gereja saat ini. Yayasan Vatikan Yohanes Paulus I, bersama dengan Universitas Kepausan Gregorian, menyelenggarakan konferensi satu hari tentang warisan Albino Luciani dan rencana 6 poinnya untuk kepausannya.

Paus Fransiskus mengirim pesan kepada para peserta pada hari Jumat, memuji kejelian pendahulunya. Dia mengatakan refleksi sejarah yang ditawarkan dalam konferensi tersebut memberikan “kontribusi yang valid” untuk memahami magisterium Yohanes Paulus I.

“Selama hidupnya di bumi, dia terus-menerus mencari dan menunjuk pada substansi Injil, sebagai kebenaran yang unik dan abadi, melampaui perangkap sejarah atau mode apa pun.”

Gereja bersinar dengan cahaya Tuhan

Paus mengatakan pendahulunya itu adalah “orang bijak dan rendah hati” yang tahu bagaimana “berbicara tentang Tuhan dengan kesederhanaan evangelis”. Yohanes Paulus I, tambahnya, memberikan kesaksian kepada Gereja yang “bersinar bukan dengan cahayanya sendiri tetapi dengan cahaya pantulan yang bukan berasal dari manusia tetapi dari Allah.”

Meskipun masa kepausannya selama 33 hari tetap menjadi salah satu yang tersingkat dalam sejarah, Paus Italia meletakkan beberapa elemen mendasar untuk misi Gereja. Paus Fransiskus mengatakan aspek-aspek ini termasuk kedekatan dengan rasa sakit saudara dan saudari kita, keinginan untuk berdialog dengan dunia, dan mengejar perdamaian, persatuan Kristen, dan kolegialitas uskup.

“Tema-tema ini mewakili titik acuan yang pasti untuk menemukan solusi konkret bagi banyak kesulitan dan tantangan tak terhitung yang harus dihadapi Gereja di zaman kita sekarang,” katanya.

Paus Fransiskus mengakhiri pesannya dengan harapan bahwa konferensi tersebut dapat menawarkan kesempatan unik untuk menemukan kembali warisan spiritual dan kekudusan Paus terkasih ini.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here