33.5 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Komuni Anak-Anak di Irak, Harapan Baru bagi Gereja Irak dan Suriah

BERITA LAIN

More
    Anak-anak menerima komuni pertama di gereja di Irak. IST

    QAMISHI, Pena Katolik – Beberapa tahun lalu, ISIS menyerang suatu wilayah di Irak dan ingin melenyapkan umat Kristen. Namun di Qamishi, sukacita datang saat upacara komuni pertama di salah satu komunitas Kristen di daerah itu.

    “Iman dan Salib kami telah menang,” kata Pastor Karam Shamasha, seorang pendeta Kasdim dari Mosul. Ia mengungkapkan emosinya pada tontonan yang dia lihat terjadi di kota-kota Dataran Niniwe. Sebanyak 126 anak laki-laki dan perempuan dari Alqosh dan Telskuf menerima komuni pertama mereka pada akhir April 2022.

    Ini diyakini sebagai tanda mukjizat yang membangkitkan kegembiraan, meski mereka tetap merindukan kembalinya semua orang yang dibaptis, yang melarikan diri dari wilayah itu dalam beberapa tahun terakhir dan beremigrasi ke luar negeri. Pada tanggal 29 April, di Bagdad, Kardinal Louis Raphael Sako, Patriark Gereja Kasdim, juga memberikan Komuni Pertama kepada 16 anak laki-laki dan perempuan di Gereja Saint Elias.

    “Ini adalah pemberian sakramen dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam misteri ilahi,” kata Patriark pada kesempatan itu.

    Pada Minggu, 1 Mei 2022,  seorang pemuda Kristen Ortodoks Suriah menerima Komuni Kudus untuk pertama kalinya di Gereja Qamishli yang didedikasikan untuk Perawan Maria. Liturgi Ekaristi dirayakan oleh Mgr Maurice Amsih, Uskup Jazirah dan Efrat Ortodoks Suriah:

    “Anak-anak lelaki dan perempuan ini bagi kami adalah harapan masa depan, mereka adalah sumber kehidupan baru Gereja”, komentar Mgr. Maurice.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI