Bacaan dan Renungan Injil Hari Selasa 03 Mei 2022; Pesta Santo Filipus dan Yakobus Muda, Rasul

0
1024

Bacaan I: 1Kor 15:1-8

Saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu akan Injil yang aku beritakan kepadamu dan telah kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri.

OLEH Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, sebagaimana kuberitakan kepadamu; kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya.

Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, yakni bahwa Kristus telah wafat karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci;

Bahwa Ia telah dimakamkan, dan pada hari yang ketiga telah dibangkitkan sesuai dengan Kitab Suci; bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas, dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya.

Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal.

Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, lalu kepada semua rasul. Dan yang paling akhir Ia menampakkan diri juga kepadaku, seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.

Mazmur Tanggapan: Mzm 19:2-3.4-5

Ref. Nama Tuhan hendak kuwartakan di tengah umat kumuliakan.

  • Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan karya tangan-Nya; hari yang satu mengisahkan kepada hari yang lain, dan malam yang satu menyampaikan pengetahuannya kepada malam berikut.
  • Meskipun tidak berbicara, dan tidak memperdengarkan suara, namun di seluruh bumi bergaunglah gemanya, dan amanat mereka sampai ke ujung bumi.

Bait Pengantar Injil: Yoh 14:6

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.

Akulah jalan, kebenaran, dan hidup. Tak seorang pun dapat datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku.

Bacaan Injil: Yoh 14:6-14

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada Tomas, “Akulah jalan, kebenaran dan hidup.

TIDAK seorang pun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia, dan kamu telah melihat Dia.” Kata Filipus kepada Yesus, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami, dan itu sudah cukup bagi kami.”

Kata Yesus kepadanya, “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata ‘Tunjukkanlah Bapa kepada kami?’ Tidak percayakah engkau bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku?

Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya, barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa pun yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Demikianlah Injil Tuhan

SOKOGURU DAN PENERUS KELANGSUNGAN GEREJA.

ORANG yang sungguh mencintai dan mengasihi seseorang, pasti akan berusaha kuat untuk menyenangkan buah hatinya itu. Seorang ayah atau ibu yang mencintai anaknya, akan berusaha kuat agar anaknya tetap bertumbuh dengan sehat. Apa pun yang mereka kerjakan hanya demi anak. Orang muda yang tengah dibuai cinta, akan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk tampil menawan dan membuat kekasihnya selalu “happy”. BAPA kita di Sorga begitu besar cinta kasih-NYA kepada manusia, hingga mengutus ANAK TUNGGAL-NYA hadir di dunia ini dan menebus dosa kita semua dengan sengsara dan kematian serta kebangkitan-NYA.

Hari ini Gereja merayakan Pesta Santo Filipus dan Santo Yokobus. Keduanya adalah Rasul pilihan TUHAN YESUS sendiri. Filipus, seorang nelayan muda, berasal dari Betsaida, kota asal dua kakak beradik Petrus dan Andreas. Filipus disapa dan diajak langsung oleh YESUS ketika dia asyik membenahi jalanya: “Ikutlah AKU” (Yoh. 1: 43). Dan tidak berselang lama, ia pun saking gembiranya telah bertemu dengan Orang yang disebutkan Nabi Musa itu, lalu mengajak kawannya Natanael (= Bartolomeus) untuk diperkenalkan kepada YESUS.

Sementara Yakobus, yang sering juga disebut Yakobus Muda, untuk membedakan dengan Yakobus Tua, saudara Yohanes, anak Zebedeus, adalah masih saudara sepupu YESUS.

Filipus termasuk bilangan Rasul pertama. Karakternya spontan dan tanpa ragu. Ketika perjamuan malam terakhir, dialah yang bertanya kepada TUHAN YESUS: “TUHAN, tunjukkanlah BAPA itu kepada kami, itu sudah cukup.” (Yoh. 14: 8). Tidak banyak tulisan dalam Kitab Suci tentang Filipus, namun sesudah Pentekosta dia menjadi saksi Kebangkitan TUHAN dan mewartakan Injil sampai Frigia, Asia Kecil. Filipus pada masa akhir hidupnya disalib dengan kepala di bawah, seperti Petrus.

Yakobus Muda sebelum mengikuti YESUS adalah seorang petani. Ibunya bernama Maria, termasuk salah seorang perempuan yang selalu mengikuti dan melayani YESUS. Dialah yang mendampingi Bunda Maria yang berdiri di bawah kayu salib sampai YESUS dimakamkan. Ketika masa penganiayaan Yakobus Muda tetap berada di Yerusalem dan kelak diangkat sebagai Uskup di Yerusalem. Bersama Paulus ia berperan besar pada saat Konsili pertama di Yerusalem tahun 49. Paulus menyebut Yakobus Muda sebagai sokoguru umat di Yerusalem, sejajar dengan Petrus dan Yohanes. (Gal. 2: 9). Ketika menjabat sebagai Uskup, ia dijuluki “Yang adil,” sebab ia sangat paham dan menghayati hukum Taurat, namun ia juga menghargai dan menjunjung tinggi hukum yang berkembang saat itu, yaitu bagi para pengikut KRISTUS bukan Yahudi tidak perlu mematuhi hukum Taurat, terutama kewajiban sunat. Cara hidupnya sangat keras kepada dirinya sendiri: ia tidak makan daging dan minum anggur; banyak doa dan matiraga; kakinya tanpa alas dan pakaiannya hanya selembar. Ia meninggalkan warisan satu Surat Yakobus dalam Kitab Suci. Dan Paulus secara eksplisit menyebut dalam Surat Pertama kepada jemaat Korintus (lihat Bacaan Pertama) bahwa sesudah Kebangkitan-NYA, YESUS menampakkan Diri kepada Yakobus selanjutnya kepada para Rasul lainnya (lihat 1Kor. 15: 7). Yakobus pada akhir hayatnya ditangkap dan dilemparkan dari  menara Bait ALLAH lalu mayatnya dirajam.

Kedua Rasul yang kita rayakan hari ini, serta semua Rasul lainnya, telah mengalami dan merasakan perhatian, cinta dan kasih dari TUHAN yang begitu besar. Maka untuk membalas cinta kasih TUHAN itu, mereka pun rela dan berani mengorbankan waktu, keluarga, kepentingan pribadi bahkan jiwa raga mereka pertaruhkan untuk menjalani misi perutusan KRISTUS yang mereka cintai. Karena itu tidak mengherankan banyak murid dan pengikut-NYA yang setia menjadi martir. Beranikah kita menjadi “martir modern” yang gigih memperjuangkan kebenaran, keadilan, kedamaian, keseteraan dan kejujuran?

Dan para Rasul itulah yang  sungguh menghantar kita pada kebenaran sejati, yaitu bahwa “AKU-lah Jalan dan Kebenaran dan Hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada BAPA, kalau tidak melalui AKU.” (Yoh. 14: 6). Kita patut bangga menjadi pengikut-NYA yang adalah Jalan, Kebenaran dan Hidup yang sejati. Tetapi sebaik apa pun suatu jalan, kalau tidak pernah dijalani, maka jalan itu tidak ada maknanya sama sekali. Demikian juga kebanggaan iman kita kepada  KRISTUS, tidak akan menghantarkan orang sampai pada kebenaran dan hidup, kalau seluruh hidup kita sendiri tercela, tidak terpuji dan jauh dari jalan TUHAN. Karena itu, kita dipanggil untuk memperhatikan dan melaksanakan nasihat Rasul Paulus: “Aku mau mengingatkan kamu kepada Injil yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri. Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya….” (1Kor. 15: 1,2). Dengan demikian iman dan kepercayaan kita tidak sia-sia. Kebanggaan “menjadi orang Katolik” harus kita wujudkan secara nyata dalam mengemban tanggung jawab kita masing-masing secara penuh – apa pun kedudukan, jabatan dan fungsi kita – baik sebagai warga Gereja maupun sebagai warga Negara atau warga Bangsa! Dengan demikian, motto “100% Katolik, 100% Indonesia” bukan slogan kosong! Dan dengan mewujud-nyatakan motto itu secara konsekuen dan konsisten, kita dapat meneladan kehidupan para Rasul untuk menjadi sokoguru dan penerus kelangsungan Gereja di Indonesia ini. Cobalah buktikan!

Doa

Ya YESUS, terima kasih atas teladan hidup-MU dan para Rasul yang telah membalas cinta kasih-MU kepada mereka. Kuatkanlah imanku. Tularkanlah semangat korban dalam diriku. Bunda Maria, Santo Filipus dan Santo Yakobus, doakanlah aku. Amin.

PK/hr

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here