Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Paus Fransiskus: “Saya Siap Melakukan Segalanya untuk Menghentikan Perang”

Paus Fransiskus memegang bendera Ukraina yang dibawa dari salah satu kota yang hancur akibat perang. IST

VATIKAN, Pena Katolik – Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar harian Argentina‘La Nacion, Paus Fransiskus mengatakan bahkan jika dia tidak berencana untuk pergi ke Kyiv atau bertemu Patriark Kirill dalam waktu dekat, “selalu ada” upaya berkelanjutan untuk mencapai perdamaian di Ukraina. “Vatikan tidak pernah berhenti,” tegas Paus, seraya mencatat, “Saya tidak dapat memberi tahu Anda detailnya karena itu akan berhenti menjadi upaya diplomatik. Tetapi upaya itu tidak akan pernah berhenti.”

Paus Fransiskus mengatakan dia siap melakukan segalanya untuk menghentikan perang di Ukraina, dan menegaskan bahwa Vatikan bekerja tanpa lelah secara diplomatis untuk mencapai perdamaian. Bapa Suci memberikan jaminan ini dalam sebuah wawancara dengan surat kabar harian Argentina La Nacion yang diterbitkan 21 April, mengatakan kepada jurnalis Joaquin Morales Solá, bahwa bahkan jika dia tidak berencana untuk pergi ke ibukota Ukraina Kyiv atau bertemu Patriark Kirill dalam waktu dekat, “selalu ada” upaya untuk mencapai perdamaian di Ukraina.

Usaha tidak akan pernah berhenti

Ketika perang terus berlangsung di Ukraina dan pembantaian berlanjut, Paus Fransiskus telah mengajukan permohonan yang tak terhitung jumlahnya dan telah mengirim banyak utusan ke negara itu untuk membawa bantuan kemanusiaan dan bertemu dengan para pengungsi. Pada Minggu Palem, Bapa Suci menyerukan gencatan senjata di negara yang dilanda perang pada Paskah ini, berseru, “Biarkan senjata diletakkan! Biarkan gencatan senjata Paskah dimulai.”

Sementara umat Katolik Ritus Latin telah merayakan Minggu Paskah, Gereja Ortodoks dan beberapa Gereja Katolik Oriental merayakan Paskah akhir pekan ini. Dalam wawancara tersebut, Paus ditanya tentang kunjungannya ke Kedutaan Besar Rusia untuk Takhta Suci, sendirian, di Via della Conciliazione, pada pagi hari tanggal 25 Februari.

“Saya pergi sendiri. Saya tidak ingin ada yang menemani saya. Itu adalah tanggung jawab pribadi saya. Itu adalah keputusan yang saya buat di malam tanpa tidur memikirkan Ukraina. Jelas bagi mereka yang ingin melihat segala sesuatunya apa adanya. bahwa saya memberi isyarat kepada pemerintah bahwa itu dapat segera mengakhiri perang. Sejujurnya, saya ingin melakukan sesuatu sehingga tidak akan ada satu kematian lagi di Ukraina. Tidak satu lagi. Saya bersedia melakukan segalanya.”

Mengenai kemungkinan kunjungan ke Ukraina, mengingat banyak undangan, Bapa Suci berkata, “Saya tidak dapat melakukan apa pun yang membahayakan tujuan yang lebih tinggi, yang merupakan akhir dari perang, gencatan senjata atau, setidaknya, koridor kemanusiaan. Apa gunanya bagi Paus untuk pergi ke Kyiv jika perang berlanjut keesokan harinya?”

Mengenai motivasi yang menyebabkan pecahnya perang, Paus merefleksikan: “Semua perang adalah anakronistik di dunia ini dan pada tingkat peradaban ini.”

“Itulah sebabnya saya juga secara terbuka mencium bendera Ukraina,” jelasnya. “Itu adalah isyarat solidaritas dengan almarhum mereka, dengan keluarga mereka, dan dengan mereka yang menderita emigrasi.”

Paus juga ditanya mengapa dia tidak menyebut nama Putin atau Rusia ketika berbicara tentang perang. “Seorang Paus,” katanya, “tidak pernah menyebut seorang Kepala Negara, apalagi sebuah negara, yang lebih tinggi dari Kepala Negaranya.”

Bapa Suci juga ditanya tentang hubungannya dengan Patriark Kirill dari Patriarkat Ortodoks Rusia Moskow. Keduanya mengadakan pertemuan bersejarah di Havana, Kuba, selama persinggahan dalam perjalanan ke Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus 2016 ke Meksiko.

“Saya menyesal bahwa Vatikan harus membatalkan pertemuan kedua dengan Patriark Kirill, yang telah kami jadwalkan pada bulan Juni di Yerusalem. Tetapi diplomasi kami mempertahankan bahwa pertemuan itu antara kita pada saat ini dapat menyebabkan banyak kebingungan.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini