26.1 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Pada Hari Bumi: Pemuda Filipina Menyampaikan “Surat Cinta” Kepada Para Calon Presiden

BERITA LAIN

More
    Pantai di pesisir Filipina Selatan setelah terjadi badai. IST

    MANILA, Pena Katolik – Greenpeace telah bergandengan tangan dengan kaum muda di Filipina untuk menyampaikan “surat cinta” kepada calon presiden dalam pemilihan bulan depan, menyerukan kepada mereka untuk memastikan “keadilan iklim dan aksi iklim”.

    Inisiatif “surat cinta”, dalam rangka Hari Bumi, Jumat, 22 April, merupakan bagian dari kampanye pemilihan “Cinta, 52” yang dipimpin oleh 18 organisasi pemuda Filipina dari berbagai sektor bersama dengan Greenpeace, organisasi global yang mengkampanyekan tekanan lingkungan. masalah.

    Kampanye “Cinta, 52” mengambil namanya dari orang-orang muda yang membentuk 52% dari pemilih Filipina. “Pemuda akan memainkan peran penting dalam memilih pemimpin yang tepat dan akibatnya, membentuk masa depan yang hijau, adil, layak huni, dan menyenangkan,” kata Greenpeace.

    Kampanye “surat cinta” muncul setelah Topan Megi (lokal dikenal sebagai Agaton), yang mendarat pada 10 April. Badai itu menewaskan lebih dari 172 orang, membuat lebih dari 346.000 mengungsi, dan menyebabkan kerusakan serius pada lahan pertanian dan infrastruktur yang luas. Badai yang sering melanda Filipina adalah pengingat akan dampak buruk perubahan iklim terhadap kehidupan masyarakat.

    Surat cinta

    “Menandatangani surat cinta akan memperkuat seruan kami kepada para pemimpin masa depan kami untuk kehidupan yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah,” kata Greenpeace.

    Kaum muda menyerukan calon presiden untuk melindungi masyarakat dan memastikan bahwa generasi berikutnya di negara ini tidak akan mengalami dampak terburuk dari krisis iklim. Mereka juga meminta para kandidat untuk mendukung “model pemerintahan yang inklusif, transparan dan terinspirasi yang sepenuhnya bertanggung jawab kepada rakyat, dan yang melindungi dan memperkuat proses dan institusi demokrasi.”

    Sebanyak 3045 pendukung telah menandatangani surat itu, dengan Greenpeace berharap untuk mengirimkan setidaknya 5.000 kepada 10 kandidat di Metro Manila yang mencalonkan diri untuk posisi teratas negara itu dalam pemilihan 9 Mei.

    “Pemilihan ini menimbulkan kurangnya wacana tentang krisis iklim pada saat para ilmuwan di seluruh dunia membela keadilan iklim,” kata Cris Jamil Hertez, mitra pemuda “Love, 52” dari Better Normal Youth Movement. “Kita tidak bisa terus mengejar ketertinggalan dengan iklim kita; pemimpin masa depan kita harus mendengarkan kaum muda,” kata Hertez.

    Carmela Adelantar dari National Society of Parliamentarians mengatakan generasi masa depan “memiliki kerugian paling besar jika para pemimpin kita berikutnya masih memilih untuk berdiam diri.”

    “Mereka perlu meminta pertanggungjawaban pencemar terbesar di dunia atas krisis yang kita hadapi, dan menghasilkan rencana yang koheren yang setidaknya akan membantu kita tetap hidup setelah dekade berikutnya,” katanya. “Kami tidak lagi punya waktu untuk menunggu. Pemerintahan berikutnya harus menempatkan aksi iklim sebagai agenda prioritas utama,” kata juru kampanye Greenpeace Joanna Sustento. “Krisis iklim bukan hanya tentang lingkungan, ini tentang makanan, air, kehidupan, kesehatan, dan ekonomi,” katanya, menyerukan penguatan juga proses dan institusi demokrasi.

    Greenpeace

    Greenpeace menyerukan para pemimpin masa depan untuk meminta pertanggungjawaban perusahaan bahan bakar fosil atas krisis iklim dan menyerukan negara-negara lain untuk melakukan hal yang sama.

    “Ini juga harus mengarahkan seruan untuk penghentian penggunaan bahan bakar fosil secara global menuju transisi yang adil ke energi terbarukan,” bunyi pernyataan Greenpeace.

    Ini menyerukan kepada negara-negara kaya untuk pengurangan emisi yang lebih ambisius yang mengalokasikan lebih banyak uang untuk pendanaan iklim, dan kompensasi untuk kerugian dan kerusakan. Ia juga mendesak agar aksi iklim menjadi kebijakan negara pusat dari lembaga-lembaga pemerintah untuk memastikan keadilan iklim.

    Menurut kelompok lingkungan, 6 tahun ke depan pemerintahan baru Filipina adalah “periode penting” bagi negara yang “akan menentukan keadaan planet ini dalam beberapa dekade mendatang, tergantung pada seberapa cepat kita mengatasi krisis iklim yang kita hadapi. mengalami sekarang”. (Sumber: LICAS)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI