Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Paus Fransiskus: Perang adalah kemarahan dan penghujatan

Paus Fransiskus. IST

VATIKAN, Pena Katolik- Paus Fransiskus membantah logika duniawi tentang kekuasaan dan kekerasan, kemudian menjelaskan bahwa Yesus membawa kedamaian sejati melalui kelembutan dan Salib.

Pada Audiensi Umum mingguannya, Paus Fransiskus sekali lagi mengecam agresi bersenjata akhir-akhir ini sebagai kemarahan terhadap Tuhan. Berita yang diangkat oleh  Christopher Wells pada 13 April 2022 pukul 09:32 waktu Vatikan.

Dalam pemberitaan itu dituliskan bahwa Bapa Suci memulai refleksinya dengan memusatkan perhatian pada hari raya Minggu Palem awal Pekan Suci yang memperingati masuknya Yesus ke Yerusalem dengan penuh kemenangan, “disambut sebagai Mesias.” Paus Fransiskus mengatakan orang banyak yang memuji-Nya mengharapkan Yesus membawa perdamaian sebagai pembebas yang kuat, atau dengan memulai era keadilan sosial.

Namun Yesus tidak memenuhi harapan mereka melainkan memasuki Yerusalem dengan seekor keledai. 

“Yesus, membawa kedamaian “melalui kelembutan dan kelembutan, yang dilambangkan dengan keledai yang ditambatkan yang belum pernah diduduki siapa pun,” Kata Paus.

Damai Kristus

Bapa Paus menjelaskan bahwa cara Tuhan berbeda dari cara dunia. Menurut Paus, Yesus tidak mengikuti strategi kekerasan dan intervensi duniawi untuk mewujudkan perdamaian, yang pada akhirnya akan menjadi perdamaian palsu yang berarti hanya selang waktu antara perang. Sebaliknya adalah damai sejahtera Tuhan mengikuti jalan kelemahlembutan dan Salib itu mengambil tanggung jawab untuk orang lain. “Ketika Yesus mengambil kejahatan, dosa, dan kematian kita ke atas diri-Nya untuk membebaskan kita,” kata Paus.

Untuk mengilustrasikan hal ini, Paus Fransiskus mengingat kisah Dostoevsky tentang Inkuisitor Agung yang memenjarakan Yesus ketika Dia kembali ke bumi. Inkuisitor, kata Paus, mewakili “logika duniawi,” dan mengutuk Kristus karena tidak merangkul kekuatan duniawi. “Inilah penipuan yang berulang sepanjang sejarah,” kata Paus, “godaan perdamaian palsu, berdasarkan kekuasaan, yang kemudian mengarah pada kebencian dan pengkhianatan terhadap Tuhan.”

Kedamaian yang dibawa Yesus “tidak mengalahkan orang lain” lanjut Paus. “Ini bukan perdamaian bersenjata.” Sebaliknya, “Senjata Injil adalah doa, kelembutan, pengampunan, dan kasih yang diberikan secara cuma-cuma untuk sesama, kepada sesama.” Ini, katanya, “adalah bagaimana kedamaian Tuhan dibawa ke dunia.”

Perang, di sisi lain – tidak hanya konflik saat ini, tetapi semua perang – mewakili “kemarahan terhadap Tuhan, pengkhianatan penghujatan terhadap Tuhan Paskah, preferensi untuk wajah dewa palsu dunia ini” di tempat wajah Yesus yang lemah lembut.”

“Selalu, perang adalah tindakan manusia untuk mewujudkan penyembahan berhala kekuasaan.”

Mohon Damai

Paus Fransiskus mencatat bahwa sebelum Paskah terakhir-Nya, Yesus memberi tahu para murid-Nya untuk tidak gelisah atau takut. Meskipun kuasa duniawi meninggalkan kematian dan kehancuran di belakangnya, kedamaian Kristus “membangun sejarah, dimulai dari hati setiap orang yang menyambut kita.”

“Jadi kita menantikan Paskah sebagai “pesta sejati Allah dan umat manusia karena damai yang diperoleh Kristus di kayu Salib dalam memberikan diri-Nya dibagikan kepada kita,” kata Paus.

Bapa Suci mengakhiri refleksinya dengan mencatat bahwa kata “Pasqua,” kata Italia untuk Paskah, berarti “perjalanan.”

Tahun ini, kata Paus, “ini adalah kesempatan yang diberkati untuk beralih dari dewa duniawi ke Tuhan Kristen, dari keserakahan yang kita bawa dalam diri kita ke amal yang membebaskan kita, dari harapan perdamaian yang dibawa dengan paksa ke komitmen untuk memberikan kesaksian yang nyata tentang damai sejahtera Yesus.”

Dia mengundang semua orang untuk menempatkan diri mereka “di hadapan Yang Tersalib, sumber kedamaian kita, dan meminta kedamaian hati dan kedamaian di dunia dari-Nya.”

Samuel – Pena Katolik

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini