25.6 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

Setengah Abad Pondok Si Boncel

BERITA LAIN

More
    Perayaan 50 tahun Pondok Si Boncel. Dok. Pondok Si Boncel

    JAKARTA, Pena Katolik – Panti Asuhan Pondok Si Boncel merayakan ulang tahunnya ya ke-50. Perayaan ini ditandai dengan Perayaan Ekaristi pada 3 April 2022. Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo memimpin Misa Syukur ini didampingi para imam dari Paroki Keluarga Kudus Pasar Minggu.

    Pada ulang tahun kali ini, perayaan diadakan dengan tetap memperhatikan protokol ksehatan. Kardinal Suharyo menyampaikan, Pondok Si Boncel adalah salah satu wujud belas ksih Gereja. Dalam panti asuhan ini, Gereja hadir bagi masyarakat yang membutuhkan. Kardinal Suharyo berterima kasih atas karya yang diberikan Panti Asuhan Si Boncel.

    “Terima kasih atas karya belas kasih yang telah dijalankan Panti Asuhan Pondok Si Boncel,” ujar Kardinal Suharyo.

    Belas Kasih

    Panti Asuhan Pondok Si Boncel didirikan untuk mengurus secara khusus anak-anak yatim piatu yang masih di bawah umur 7 (tujuh) tahun.

    Pada awalnya Panti Asuhan Pondok Si Boncel didirikan di Jl. Raden Saleh Raya No. 7 pada tahun 1972, namun karena terbatasnya daya tampung panti maka pada tanggal 1 April 1981 Panti Asuhan Pondok Si Boncel pindah ke kompleks baru di Srengseng Sawah Pasar Minggu. Pengelolaan Panti ini dipercayakan sepenuhnya kepada Suster-Suster Dominikanes (OP).

    Para Suster tidak hanya merawat dan mendampingi anak-anak tersebut, akan tetapi juga perduli terhadap pendidikan yang harus diperoleh anak-anak khususnya pendidikan formal tingkat awal atau dasar yaitu Taman Kanak Kanak.

    Sebagai langkah awal Panti Asuhan Pondok Si Boncel memberikan pelajaran dan kegiatan seperti Taman Kanak-Kanak pada umumnya. Kegiatan ini dilakukan di salah satu ruangan Panti Asuhan di mana anak-anak biasa bermain jika hari hujan, karena pengadaan Taman Kanak Kanak di Panti Asuhan Pondok Si Boncel terbentur masalah dana.

    Sedikit demi sedikit dana terkumpul dari berbagai pihak yang perduli terhadap Pendidikan anak-anak panti, maka pada tahun 1983 TK Si Boncel didirikan khusus untuk menampung anak-anak panti dan pada tanggal 15 Juli 1985 TK Si Boncel resmi menerima anak-anak dari luar panti. Saat ini, Panti Asuhan Pondok Si Boncel dipimpin oleh Sr. M. Lusia OP.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI