29.1 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Para Legislator di Arizona Amerika Serikat Melarang Aborsi pada Usia Kehamilan di atas 15 Minggu

BERITA LAIN

More
    ilustrasi

    ARIZONA, Pena Katolik – Negara Bagian Grand Canyon menjadi yang terbaru, yang membatasi prosedur menjelang keputusan Dobbs di Mahkamah Agung. Arizona adalah negara bagian terbaru yang meloloskan aturan larangan aborsi pada tahap yang jauh lebih awal masa kehamilan. Badan legislatif Negara Bagian Grand Canyon meloloskan larangan bahwa aborsi tidak dapat dilakukan setelah usia kandungan 15 minggu pada hari Kamis, 24 Maret 2022. Mereka lalu mengirimkan RUU itu ke meja Gubernur pro-kehidupan Doug Ducey.

    Pengesahan RUU tersebut dilakukan setelah tindakan serupa baru-baru ini dilakukan di Florida dan saat Mahkamah Agung AS mempertimbangkan kasus yang dipandang sebagai tantangan serius terhadap keputusan Roe v. Wade tahun 1973.

    DPR Arizona yang dikuasai Partai Republik memberikan suara sesuai dengan garis partai untuk melarang aborsi setelah 15 minggu kehamilan, tanpa pengecualian untuk pemerkosaan, inses atau keadaan darurat medis. Arizona sudah memiliki undang-undang tentang buku-buku yang akan melarang aborsi jika Mahkamah Agung membalikkan Roe.

    Louisiana dan Mississippi juga memiliki larangan 15 minggu, sementara 10 negara bagian lainnya melarang prosedur ini lebih awal, pada enam minggu, ketika detak jantung janin terdeteksi. Hukum Mississippi adalah yang dipermasalahkan dalam kasus Dobbs v. Jackson di Mahkamah Agung.

    Bulan ini, legislator Idaho meloloskan larangan aborsi setelah 6 minggu kehamilan yang mengambil satu halaman dari undang-undang kontroversial di Texas. Aturan ini memungkinkan warga untuk menegakkan hukum. Dan pada bulan Februari, anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang mayoritas Republik di Florida mengesahkan undang-undang yang melarang sebagian besar aborsi setelah kehamilan 15 minggu.

    Di Phoenix, minoritas Demokrat mengatakan tindakan 15 minggu yang baru tidak konstitusional dan bahwa larangan apa pun akan berdampak tidak proporsional terhadap perempuan miskin dan minoritas yang tidak akan dapat melakukan perjalanan ke negara bagian tanpa undang-undang aborsi yang ketat, Associated Press melaporkan.

    Senator Nancy Barto, seorang Republikan yang mensponsori RUU tersebut, mengatakan dia berharap Mahkamah Agung menegakkan larangan 15 minggu Mississippi dalam kasus Dobbs.

    “Negara memiliki kewajiban untuk melindungi kehidupan,” kata Barto. “Dan itulah yang dimaksud dengan RUU ini.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI