26.1 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Dua Suster Misionaris Cinta Kasih dari Ibu Teresa Bertekat untuk Tetap Tinggal Melayani di Ukraina

BERITA LAIN

More
    Dua Suster Misionaris Cinta Kasih St Teresa yang tetap tinggal di Ukraina. Vatican News

    UKRAINA, Pena Katolik – Dua Misionaris Cinta Kasih, yang berasal dari negara bagian Mizoram di India timur laut, mengatakan mereka telah memutuskan untuk terus melayani orang-orang Ukraina yang menderita meskipun ada bahaya. Dua Misionaris Cinta Kasih (MC), suster Bunda Teresa dari Calcutta, telah memutuskan untuk tinggal di Ukraina untuk melayani rakyat di tengah invasi militer skala penuh oleh Rusia yang dimulai pada 24 Februari.

    Penduduk asli negara bagian Mizoram, India Timur Laut, Suster Rosela Nuthangi dan Suster Ann Frida telah menyatakan keputusan mereka untuk tetap tinggal di Ukraina, mempertaruhkan hidup mereka untuk melayani yang terluka dan mereka yang melarikan diri dari perang.

    Superior Jenderal MC di Kolkata (sebelumnya Calcutta), Suster Prema, menghubungi kedua biarawati pada 2 Maret, meminta mereka untuk pindah ke tempat yang lebih aman melalui jalan darat. Tetapi keduanya lebih suka tetap di tempat mereka berada untuk membantu orang-orang dengan cara apa pun yang memungkinkan. Para suster telah memberi tahu kerabat mereka tentang keselamatan mereka meskipun ada bahaya besar.

    Suster Rosela Nuthangi adalah suster MC kedua dari antara orang-orang Mizo. Dia mengikrarkan kaul biara yang pertama pada tahun 1984 dan kemudian dikirim ke negara bekas Uni Soviet (USSR) sebagai misionaris. Dia bekerja di Moskow selama 10 tahun. Setelah menguasai bahasa Rusia, ia juga bekerja di Latvia dan Estonia. Dia pindah ke Ukraina pada tahun 2017 di mana dia melayani sebagai misionaris.

    Sister Ann Frida berasal dari Aizawl, ibu kota Mizoram. Dia menjalani profesi keagamaan pertamanya pada tahun 1998. Setelah bekerja di India selama beberapa tahun, dia dikirim ke Kyiv, ibu kota Ukraina dan melayani di sana selama 10 tahun terakhir.

    Model semangat misionaris

    “Saya bangga dengan mereka,” kata Uskup Agung John Moolachira, Presiden Dewan Uskup Regional Timur Laut (NERBC) mengungkapkan kekagumannya terhadap kedua misionaris itu. “Saya tidak terkejut bahwa dua wanita religius Suster misionaris Cinta Kasih yang bekerja di Ukraina yang dilanda perang tidak meninggalkan negara itu terlepas dari bahaya besar bagi kehidupan mereka dan kepentingan Pemerintah India untuk mengevakuasi semua warganya.”

    Memperhatikan bahwa kedua biarawati itu hanyalah contoh kecil dari apa yang sebenarnya Gereja perjuangkan, dia berkata, “Setiap orang yang ditahbiskan lebih memperhatikan kehidupan dan kenyamanan sesama pria dan wanita daripada kehidupan mereka sendiri.”

    Pastor Robert Faustin, seorang imam Salesian dari Mizoram, mengatakan bahwa kerabat yang cemas dari kedua biarawati Mizo ini terus-menerus berhubungan dengan mereka selama beberapa hari terakhir. “Kami mengharapkan keselamatan dua suster yang heroik ini dan marilah kita juga berdoa agar perdamaian dan keadaan normal kembali di Ukraina, Rusia dan seluruh dunia”, kata Pastor Faustin.

    Diskriminasi terhadap warga negara negara ketiga

    Menurut BBC, sekitar 76.000 mahasiswa asing belajar di Ukraina, orang India saja berjumlah lebih dari 20.000. Lainnya berasal dari Afrika, dengan jumlah terbesar berasal dari Nigeria, Maroko, dan Mesir. Mereka termasuk di antara ribuan warga Ukraina dan negara ketiga yang berebut untuk melarikan diri dari negara yang terkepung dengan menyeberang ke sebagian besar Polandia di barat dari tempat untuk terbang kembali ke rumah.

    PBB mengecam keras laporan kasus diskriminasi dan rasisme yang sebagian besar dihadapi oleh orang non-Eropa, ketika mereka mencoba melarikan diri dan melintasi perbatasan.

    Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi bereaksi terhadap laporan tersebut, dengan mengatakan, “Pada saat kritis ini, tidak boleh ada diskriminasi terhadap siapa pun atau kelompok mana pun,” Ukraina dan non-Ukraina, Eropa dan non-Eropa, semuanya adalah sekarang terpaksa melarikan diri dari kekerasan.

    Kepala Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) juga khawatir dengan laporan-laporan yang kredibel tentang diskriminasi, kekerasan, dan xenofobia terhadap warga negara negara ketiga.

    “Biar saya perjelas, diskriminasi atas dasar ras, etnis, kebangsaan atau status migrasi tidak dapat diterima,” kata Direktur Jenderal IOM, António Vitorino.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI