Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Paus Akan Mengunjungi Republik Demokratik Kongo dan Sudan Selatan

Paus Fransiskus mencium kaki Presiden Salva Kiir dan Wakil Presiden Sudan Selatan dalam kunjungan keduanya ke Vatikan beberapa tahun lalu. IST

VATIKAN, Pena Katolik – Sebuah pernyataan Kantor Pers Tahta Suci mengatakan Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan ke Republik Demokratik Kongo dan Sudan Selatan dalam Perjalanan Apostolik pada bulan Juli. Paus Fransiskus akan mengunjungi Kinshasa dan Goma di DRC dari 2 hingga 5 Juli, sebelum melakukan perjalanan ke Juba, di Sudan Selatan, dari 5 hingga 7 Juli 2022

Paus Fransiskus sering mengungkapkan kedekatannya dengan rakyat Kongo, korban kekerasan, masalah kesehatan, dan ketidakstabilan politik. Baru-baru ini, Paus Fransiskus mengutuk serangan terhadap sebuah kamp untuk pengungsi di timur negara itu oleh milisi bersenjata. Kongo menampung 5,6 juta orang terlantar, yang sebagian besar tinggal di bagian timur negara itu, di provinsi Kivu Utara dan Selatan, Ituri, dan Tanganyika.

Paus Fransiskus bertemu dengan Félix Antoine Tshilombo Tshisekedi, Presiden Republik Demokratik Kongo, pada Januari 2020. Selama pertemuan mereka, mereka membahas, khususnya, ratifikasi Perjanjian Kerangka antara Takhta Suci dan Republik Demokratik Kongo, yang ditandatangani di Vatikan pada 20 Mei 2016.

Sudan Selatan

Sudan Selatan adalah negara terbaru di dunia, yang memperoleh kemerdekaannya pada tahun 2011. Namun, sejak 2013 negara itu telah mengalami perang dan kehancuran saat pihak-pihak yang bertikai memperebutkan kekuasaan. Presiden Salva Kiir dan mantan pemimpin pemberontak, Riek Machar, mantan wakilnya, terlibat dalam perebutan kekuasaan yang berujung pada perang saudara yang menewaskan 400.000 orang.

Pada tahun 2018 kedua belah pihak menandatangani perjanjian damai, yang bertujuan untuk mengakhiri perang. Namun, sejak itu, belum ada perdamaian di Sudan Selatan, karena kesepakatan dan perjanjian terus dilanggar.

Paus Fransiskus tidak kenal lelah dalam mendorong perdamaian di negara terbaru di dunia itu. Pada April 2019, dia mengundang para pemimpin Sudan Selatan ke Vatikan untuk menghadiri pertemuan puncak Paskah, dia berlutut dan mencium kaki mereka dalam permohonan sederhana untuk perdamaian.

Dari 21 hingga 23 Desember, Sekretaris Hubungan dengan Negara Vatikan, Uskup Agung Paul Richard Gallagher berada di Juba, untuk bertemu dengan otoritas politik dan agama Sudan Selatan sebelum kemungkinan kunjungan kepausan.

Dengan kunjungan Bapa Suci yang sekarang dikonfirmasi, Paus Fransiskus akan menjadi Paus pertama yang melakukan perjalanan ke Sudan Selatan.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini