25.6 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Krisis Ukraina: Caritas Internationalis Mengimbau Pembukaan Koridor Kemanusiaan

BERITA LAIN

More
    Pengungsi di perbatasan Ukraina dan Polandia. Caritas Internationalis

    ROMA, Pena Katolik – Caritas Internationalis sebagai organisasi bantuan kemanusiaan utama Gereja Katolik meminta pembukaan segera koridor kemanusiaan dari Ukraina untuk memungkinkan perjalanan yang aman bagi ribuan orang rentan yang melarikan diri dari perang. Caritas Internationalis telah bergabung dengan seruan Paus Fransiskus untuk pembukaan koridor kemanusiaan untuk memberi orang Ukraina yang dilanda perang kemungkinan melarikan diri dari kekerasan dengan aman.

    Berbicara pada hari Minggu, Paus menyerukan pembungkaman senjata dan mengatakan dia memikirkan orang-orang Ukraina yang terperangkap dalam pertempuran: “Mereka adalah saudara dan saudari yang mendesak untuk membuka koridor kemanusiaan dan yang harus disambut, dengan hati yang sakit, karena apa yang terjadi di Ukraina.”

    Seruan Caritas diluncurkan pada hari Senin 01 Maret 2022 selama konferensi video yang dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Caritas Internationalis, Aloysius John, bersama dengan perwakilan Caritas Ukraina dan Polandia, Presiden Caritas Europa dan dari jaringan Caritas di seluruh dunia. Dalam pertemuan ini diketahui setidaknya ada sekitar 400.000 orang yang mengungsi keluar dari Ukraina menuju negara negara di sekitarnya.

    Dalam pidato pembukaannya, John mengatakan “minggu lalu kehidupan orang Ukraina menjadi mimpi buruk,” dengan pria, wanita, dan anak-anak terpaksa meninggalkan negara itu, meninggalkan segalanya, dan dia mengulangi misi Caritas untuk tetap berada di garis depan. Solidaritas, katanya, “adalah tindakan harapan.”

    Caritas Bergerak

    Direktur Caritas Ukraina, Tatiana Stawnychy, mengatakan stafnya hadir di seluruh negeri dan di banyak kota yang saat ini sedang diserang, termasuk ibu kota Kyiv di mana Pastor Sviatoslav – dari Caritas Spes – mengoordinasikan upaya bantuan bagi ribuan penduduk yang terjebak di rumah mereka. tanpa makanan, atau berlindung di kereta bawah tanah. Di Kyiv, kata Pastor Sviatoslav, toko-toko kosong dan orang-orang diizinkan keluar untuk mencari kebutuhan dasar hanya untuk beberapa jam di siang hari.

    “Jalanan penuh dengan kehancuran,” bangunan dan kendaraan telah dibom atau dibakar. Beberapa orang, tambahnya, telah menemukan tempat berlindung di gereja-gereja di mana komunitas agama melakukan yang terbaik untuk memberikan perlindungan, terutama kepada ibu dan anak-anak.

    “Kami mencoba menawarkan layanan dukungan khusus di lima kota untuk wanita yang sedang hamil atau baru saja melahirkan. Kami menjalin kontak dengan mitra lain untuk evakuasi anak-anak tersebut,” kata dia, selama bom jatuh sulit dan berbahaya untuk mengambil tindakan.

    Namun mereka menyoroti banyaknya tindakan bantuan yang dilakukan yang menjangkau sekitar 13.000 orang di berbagai bagian negara, terutama di daerah kritis seperti Kramatorsk, Rubizhne, Zaporizhya, Volnovakha, Mariupol, Kharkiv, Dnipro, Kyiv, Zhytomyr, Odesa, Ivano-Frankivk.

    Ribuan pengungsi internal yang sekarang putus asa mencari tempat berlindung yang aman, baik di Ukraina barat maupun di luar negeri, juga dibantu oleh Caritas di Ukraina.

    Caritas memberikan bantuan bagi para pengungsi di Polandia. IST

    Hati yang Terluka

    Baik Pastor Sviatoslav maupun Pastor Stawnychy menyatakan keprihatinan mereka yang tulus atas dampak psikologis jangka panjang yang akan ditimbulkan oleh kekerasan, terutama pada anak-anak.

    “Perang membuat orang dewasa dan anak-anak menangis,” kata Pastor Sviatoslav. “Kami mempelajari ini ketika bersembunyi di ruang bawah tanah selama serangan udara. Hati yang terluka karena perang tidak akan pernah bisa disembuhkan. Selain kerugian materi yang dapat dibangun kembali dari waktu ke waktu, rasa sakit dan ketakutan yang dialami orang akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk pulih.”

    Kekhawatiran ini digaungkan oleh Stawnychy yang menunjukkan bahwa ketika ini berakhir, semuanya tidak akan kembali normal.

    “Ini adalah trauma besar, bagi semua orang. Dan terutama, saya melihat banyak orang tua berjuang bagaimana menggembalakan anak-anak mereka melalui ini, dan ini berjalan naik dan turun ke ruang bawah tanah setiap kali sirene serangan udara berbunyi, ”katanya, menyoroti aspek manusia yang tidak bisa begitu saja terjadi. dibangun kembali atau dipulihkan seperti infrastruktur atau bangunan.

    Tapi, dia menyimpulkan, “Saya tidak bisa cukup menekankan ekspresi solidaritas yang kita lihat di setiap sudut di negara ini: itu sangat menginspirasi.”

    Dunia tidak boleh melupakan Ukraina

    Dalam seruannya, Presiden Caritas Europa mencatat bahwa Eropa telah menunjukkan solidaritas yang besar dengan Ukraina, tetapi perlu juga untuk mendukung negara-negara tetangga. “Eropa dan dunia tidak boleh melupakan Ukraina,” katanya, mendukung kampanye Caritas yang diluncurkan pekan lalu. Mgr. Michael Landau melanjutkan: “Kita harus bersiap untuk menyambut orang-orang yang terpaksa mengungsi ke UE tanpa diskriminasi. Sumbangan diterima dan setiap Euro dapat menyelamatkan nyawa. Kita membutuhkan Solidaritas Eropa, dan kita membutuhkannya sekarang.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI