33.3 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

Pertama Kali, Hakim Agung Mesir Dipimpin oleh Orang Kristen

BERITA LAIN

More
    Boulos Fahmy kiri bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi. IST

    KAIRO, Pena Katolik – Presiden Mesir Abdul Fattah as-Sisi melantik Hakim Boulos Fahmy sebagai Hakim Agung Mesir, 9 Februari 2022. Fahmy adalah penganut Kristen Koptik pertama yang dipilih menjadi pimpinan tertinggi Lembaga Kehakiman Mesir.

    Fahmy adalah orang ke-19 yang memimpin Mahkamah Agung Konstitusi sejak didirikan pada tahun 1969. el-Sissi memilih Fahmy yang berusia 65 tahun, dari antara lima hakim tertua dari 15 hakim lain.

    Fahmy menggantikan Hakim Saeed Marei, yang pensiun karena alasan kesehatan, menurut Mohammed Bassal, seorang ahli terhormat dalam urusan peradilan Mesir dan manajer editorial harian Shorouk. Selama ini, Fahmy telah mengepalai Sekretariat Jenderal pengadilan sejak 2014. Pengangkatannya sebagai hakim agung disambut baik oleh banyak orang di negara mayoritas Muslim itu.

    Moushira Khattab, kepala Dewan Nasional Hak Asasi Manusia, yang ditunjuk pemerintah, memuji keputusan itu. Peristiaa ini ia sebut sebagai “bersejarah” dan “langkah raksasa” di bidang hak-hak politik dan sipil.

    Namun, Ishak Ibrahim, seorang ahli terkemuka dalam urusan Kristen di Mesir, mengatakan dalam sebuah posting Facebook, bahwa langkah tersebut akan berdampak kecil dalam mengakhiri diskriminasi terhadap orang-orang Kristen. Selama ini di Mesir, orang kristen sangat kurang terwakili di lembaga-lembaga negara Mesir.

    “Itu tidak akan berdampak signifikan pada penghapusan diskriminasi dan memastikan kesempatan bagi semua warga negara dengan keadilan dan kesetaraan,” katanya.

    “Kami dapat mengatakan ada peningkatan yang signifikan ketika kami menemukan persentase (orang Kristen yang memegang jabatan) telah bergerak dari sekitar 2% menjadi persentase yang mendekati angka mereka,” tambahnya.

    Umat ​​Kristen, yang merupakan hampir 10% dari populasi Mesir yang berjumlah lebih dari 102 juta, telah lama mengeluhkan diskriminasi di tangan mayoritas Muslim. Aktivis itu juga mengatakan orang Koptik didiskriminasi dan dijauhkan dari jabatan tinggi.

    Sejak menjabat pada tahun 2014, sebagian besar orang Kristen telah melihat el-Sissi sebagai pelindung dan sekutu mereka dalam menentang kelompok Islamis. Dia biasanya menghadiri Misa Natal Ortodoks sebagai pertunjukan solidaritas dengan Koptik.

    Dia juga telah mengambil langkah-langkah untuk memberdayakan orang Kristen, termasuk penunjukan wanita Kristen Koptik pertama sebagai gubernur disebuah provinsi pada tahun 2018. Dia juga mengizinkan pembangunan gereja di seluruh negeri setelah beberapa dekade pembatasan.

    Profil Fahmy

    Fahmy lahir pada 1 Januari 1957 dan berusia 65 tahun. Ia diangkat menjadi Jaksa Penuntut Umum pada tahun 1978 dan menduduki banyak posisi senior sampai ia menjadi penasihat Pengadilan Banding Kairo pada tahun 1997.

    Dia didelegasikan sebagai Wakil Sekretaris Inspeksi Yudisial di Kejaksaan pada tahun 1998, Wakil Pertama Inspeksi Yudisial pada tahun 2001, dan kemudian Penasihat Teknis Menteri Kehakiman pada tahun 2006.

    Ia juga pernah menjabat sebagai Asisten Menteri Kehakiman Bidang Administrasi dan Pembangunan Keuangan dan Gugatan Yudisial pada tahun 2007, Ketua Pengadilan Tinggi Kairo Selatan dan Helwan pada tahun 2013, dan Pembimbing pada Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi hingga saat ini pada tahun 2014.

    Beliau diangkat sebagai Wakil Presiden Mahkamah Konstitusi Agung, pada tahun 2010, kemudian meninggalkan pembentukannya berdasarkan konstitusi 2012, kembali sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Kairo, dan kemudian diangkat kembali sebagai Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Tertinggi pada tahun 2014.

    Dia juga memiliki banyak buku dan penelitian, dan sebelumnya bekerja sebagai penasihat teknis Menteri Kehakiman, asisten menteri urusan pembangunan keuangan dan administrasi, dan presiden Pengadilan Dasar Kairo Selatan dan Helwan.

    Di Mahkamah Konstitusi Agung, ia berpartisipasi dalam banyak penerbitan putusan sejarah, dan juga membawahi Sekretariat Jenderal MK sejak Oktober 2014

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI