Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Ingin Renovasi Katedral, Uskup Agung Medan Temui Wali Kota

Uskup Agung Medan Mgr Cornelius Sipayung bersama dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution. IST

MEDAN, Pena Katolik – Uskup Agung Medan, Mgr. Cornelius Sipayung OFMCap menemui Wali Kota Medan Bobby Nasution di Kantor Wali Kota Medan, 27 Januari 2022. Pertemuan ini untuk menyampaikan rencana penataan Katedral Santa Perawan Maria yang Dikandung Tanpa Noda, Medan Sumatera Utara. Mgr Kornelus Sipayung didampingi Pastor Sesarius Petrus Mau, selaku Pastor Paroki Katedral Medan.

Keuskupan Medan ingin mengajukan izin terkait penataan ini. Izin ini diperlukan mengingat Katedral Medan saat ini masuk sebagai bangunan cagar budaya. Penataan ini diperlukan mengingat beberapa bagian Katedral memang sudah rusak. Katedral Medan merupakan salah satu yang terbesar di Medan. Gereja ini mampu menampung sebanyak 600 jemaat. Sedangkan jumlah jemaat yang yang tergabung dalam Paroki Keuskupan Medan sebanyak 4.800 jemaat.

“Gereja Katedral harus dipertahankan, sebab sebagai cagar budaya. Tapi satu sisi, jemaat kita cukup banyak sehingga katedral yang ada saat ini tidak mencukupi sehingga ingin dilakukan penataan. Dalam penataan katedral juga akan terkena bangunan sekolah. Oleh karenanya kami minta izin untuk melakukan penataan katedral dan sekolah yang merupakan cagar budaya tersebut,” kata Mgr Kornelus.

Mgr Kornelus menambahkan lagi, penataan juga dilakukan karena selain menampung jamaatnya, umat Khatolik yang datang dari luar daerah maupun luar negeri saat berada di Kota Medan pasti akan mendatangi Gereja Katedral.

Bobby memahami kendala terkait penataan yang akan dilakukan terhadap Gereja Katedral tersebut. Ia mengungkapkan, Gereja Katedral merupakan cagar budaya karena telah berusia tua dan memiliki nilai sejarah.

“Seluruh bangunan tua yang ada di Kota Medan dan masuk dalam cagar budaya harus dijaga dan dilestarikan, termasuk Gereja Katedral,” ungkap Bobby Nasution.

Oleh karenanya, kata Bobby Nasution, Pemko Medan tidak akan menghalangi kegiatan ibadah yang dilakukan di Gereja Katedral tersebut, termasuk melakukan penataannya. Ia hanya memberi catatan, selain mengikuti mekanisme peraturan yang berlaku, struktur bangunan utama Gereja Katedral tidak boleh diubah bentuknya. Bobby minta kepada pihak keuskupan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan terkait.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini