25.6 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Peringatan Holocaust dan Seruan Paus Berdoa Untuk Ukraina

BERITA LAIN

More
    Beberapa umat mengikti doa di salah satu Gereja di Ukraina. Vatican News

    ROMA, Pena Katolik – Hari ini dunia memperingati Hari Peringatan Holocaust Internasional pada 27 Januari, Ketua Komite hubungan Katolik-Yahudi untuk Konferensi Waligereja Inggris dan Wales, Uskup Agung Kevin McDonald, berbicara tentang pentingnya ingatan, pendidikan, dan dialog dalam menciptakan saling pengertian.

    Hari Peringatan Holocaust Internasional diperingati setiap tahun untuk mengenang jutaan orang yang terbunuh atau hidup selama Holocaust yang dilakukan Tentara Nazi selama Perang dunia II, antara tahun 1941 dan 1945. Peristiwa ini setidaknya menghilangkan enam juta orang Yahudi.

    Tanggal 27 Januari merupakan hari pembebasan kamp konsentrasi Nazi di Auschwitz di barat daya Polandia. Saat itu, 27 Januari 1945 pasukan Rusia membebaskan para tahanan di kam konsentrasi itu.

    Hari itu juga memperingati jutaan orang yang terkena dampak kejahatan mengerikan yang dilakukan selama konflik di Kamboja, Rwanda, Bosnia dan Darfur.

    Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, “Peringatan dan pendidikan Holocaust adalah keharusan global dalam dekade ketiga abad ke-21. Penulisan sejarah dan tindakan mengingat membawa martabat dan keadilan bagi mereka yang ingin dilenyapkan oleh para pelaku Holocaust.

    Doa untuk Ukraina

    Pada hari ini, umat katolik di seluruh dunia bergabung dalam doa untuk Ukraina. Doa ini menjawab seruan Paus Fransiskus bagi umat Kristiani untuk menandai hari Rabu sebagai hari doa khusus untuk perdamaian di Ukraina, Dewan Gereja Dunia bergabung dalam memohon dialog alih-alih ancaman.

    Ketika ancaman pasukan Rusia yang menyerang Ukraina terus meningkat, umat Katolik di seluruh dunia bergabung dalam doa untuk perdamaian di negara Eropa Timur itu pada hari Rabu. Hari doa khusus diserukan oleh Paus Fransiskus dalam pidato Angelus-nya pada 23 Januari.

    Terkait dengan seruan ini, Paus Fransiskus berdoa agar para pemimpin dunia akan bekerja menuju perdamaian ketika ketegangan politik meningkat antara Rusia dan Ukraina. Pada akhir Audiensi Umum mingguannya, 27 Januari 2022, Paus Fransiskus meminta umat beriman “untuk berdoa bagi perdamaian di Ukraina, sekarang dan sepanjang hari ini.” Bapa Suci telah menyerukan agar hari doa internasional untuk perdamaian diadakan pada 26 Januari, saat Rusia mengumpulkan pasukan di sepanjang perbatasannya dengan Ukraina.

    Paus meminta Tuhan untuk “memberikan agar negara dapat tumbuh dalam semangat persaudaraan dan bahwa semua rasa sakit, ketakutan, dan perpecahan akan diatasi.” Dia kemudian mendesak agar doa dan permohonan hari ini naik ke surga dan “menyentuh pikiran dan hati para pemimpin dunia, sehingga dialog dapat menang dan kebaikan bersama ditempatkan di atas kepentingan partisan.”

    Akhirnya, Paus meminta agar doa kita untuk perdamaian dibuat dengan kata-kata Bapa Kami, menjelaskan bahwa “doa putra dan putri kepada satu Bapa, doa yang menjadikan kita saudara dan saudari, doa anak-anak yang memohon untuk rekonsiliasi dan kerukunan.”

    Doa untuk Ukraina datang ketika AS dan para pemimpin dunia lainnya terus menuduh Rusia mempersiapkan invasi militer di Ukraina, sebuah tuduhan yang dibantah oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

    Dalam pembaruan terbaru, Presiden Joe Biden mengatakan pada hari Selasa bahwa ia akan mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi ekonomi yang secara pribadi menargetkan Vladimir Putin jika presiden Rusia itu memerintahkan serangan baru ke Ukraina. Komentarnya muncul ketika para pemimpin Barat lainnya juga mengulangi peringatan bahwa Rusia akan membayar harga yang mahal untuk invasi.

    Di antaranya adalah Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, yang mendesak sekutu Eropa untuk memiliki sanksi yang siap dijatuhkan jika Rusia menginvasi Ukraina.

    Situasi saat ini

    Ada kekhawatiran akan lebih banyak pertumpahan darah di Ukraina di mana bentrokan antara pasukan pemerintah dan separatis yang didukung Rusia di timur negara itu telah menewaskan 14.000 orang.

    Rusia telah mengumpulkan sekitar 100.000 tentara dalam jangkauan perbatasan Ukraina, tetapi menyangkal merencanakan invasi. Sebaliknya, ia mengutip tanggapan Barat terhadap pembangunan militernya sebagai bukti bahwa Rusia adalah target agresi.

    Pada hari Senin, Washington menempatkan 8.500 tentara dalam siaga tinggi untuk kemungkinan penempatan ke Eropa Timur, berpotensi dalam waktu yang sangat singkat, dan negara-negara anggota NATO lainnya bergerak untuk meningkatkan kehadiran keamanan mereka di wilayah tersebut. Moskow membalas, mengatakan Amerika Serikat meningkatkan ketegangan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI