Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Paus Fransiskus Menyebutkan Dua Kunci Memajukan Persatuan Kristiani

Paus bersama tokoh-tokoh agama Finlandia dalam pertemuan di Vatikan. Aleteia.

VATIKAN, Pena Katolik – Sebelum Pekan Persatuan Umat Kristiani, yang berlangsung dari 18 hingga 25 Januari, Paus Fransiskus menerima audiensi delegasi ekumenis dari Finlandia. Di antara mereka yang hadir adalah seorang Uskup Lutheran, Mgr. Jukka Keskitalo, dan perwakilan dari umat Kristen Sami, penduduk asli Lapland.

Dalam pidatonya, Paus Fransiskus menekankan perlunya untuk selalu bergerak maju “dengan kesabaran yang rendah hati.” Dia mengakui bahwa jalannya bisa panjang dan melelahkan, dan bahwa tujuannya terkadang tampak “jauh dan sulit dicapai.” Namun, dia menyoroti dua peringatan yang perayaannya dapat membantu menggerakkan orang Kristen maju di jalan persekutuan.

1700 Nicea dan Perdamaian Augsburg

“Pada tahun 2025, kita akan merayakan peringatan 1700 tahun Konsili Nicea,” Paus Fransiskus memulai. “Pengakuan Trinitarian dan Kristologis dari Konsili itu, yang mengakui Yesus sebagai ‘Allah yang benar dari Allah yang benar, sehakikat dengan Bapa,’ menyatukan kita dengan semua yang dibaptis,” dia menekankan, bersikeras bahwa hanya dengan menjadi dekat dengan Kristus “kita dapat sepenuhnya berjalan di jalan kesatuan penuh.” Perayaan kedua akan berlangsung pada tahun 2030, dengan peringatan 500 tahun Pengakuan Iman Augsburg.

“Apakah kita akan berada di sana? Apakah kita tidak akan berada di sana? Saya tidak tahu. Pada saat umat Kristen berada di ambang perpisahan, Pengakuan Iman ini mencoba mempertahankan persatuan.

Perjanjian tersebut, yang ditandatangani oleh Charles V (Kaisar Romawi Jerman dan pembela Gereja Katolik) dan Liga Smakalde (persatuan pangeran Protestan di Kekaisaran), untuk sementara mengakhiri Perang Agama antara tahun 1555 dan 1618 di Eropa Tengah. Ini menetapkan prinsip cujus regio, ejus religio, yaitu “dia yang memiliki wilayah menentukan agama.”

Teks ini akhirnya ditolak oleh para teolog Katolik dan tidak dapat mencegah perpecahan, kenang Paus Fransiskus. Namun, dia meyakinkan, peringatan ini bisa menjadi “kesempatan yang bermanfaat untuk meneguhkan dan memperkuat kita di jalan persekutuan.”

Pada Juni 2021, Paus Fransiskus memohon kepada perwakilan Federasi Lutheran Dunia untuk melanjutkan perjalanan dari konflik ke persekutuan. Meskipun tidak mungkin untuk melepaskan “peristiwa menyedihkan” di masa lalu, adalah mungkin untuk membacanya kembali dalam konteks “sejarah yang didamaikan,” katanya, karena 2021 menandai 500 tahun sejak ekskomunikasi Martin Luther.

Berbicara kepada delegasi Sámi secara khusus, Paus Fransiskus juga menekankan bahwa “seorang pendeta harus konkret dengan orang-orang yang konkret, dengan orang-orang yang konkret, tetapi dia tidak boleh berhenti bermimpi. Seperti yang dilakukannya secara teratur, ia mengundang umat pribumi untuk bergerak maju di jalan persatuan dalam kehidupan sehari-hari mereka, meninggalkan para teolog untuk belajar dan berdiskusi sendiri.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini