34 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Wakil Presiden India Medesak Praktik Agama Tanpa Ujaran Kebencian

BERITA LAIN

More
    Wakil Presiden India M Venkaiah Naidu berziarah ke makam St Chavara. Vatican News

    NEW DELHI, Pena Katolik – Wakil Presiden India M. Venkaiah Naidu memberi penghormatan kepada Santo Kuriakose Elias Chavara atas kontribusinya terhadap harmoni, toleransi, dan peningkatan sosial melalui reformasi spiritual, pendidikan, sosial dan budaya. Santo Kuriakose adalah orang kudus yang hidup dan meninggal di India.

    Naidu mengecam pidato kebencian terhadap agama lain, dengan mengatakan hal itu menciptakan perpecahan di masyarakat. Dia menekankan bahwa setiap orang memiliki hak untuk mengamalkan keyakinannya di negara ini.

    “Jalankan agama Anda tetapi jangan menyalahgunakan dan memanjakan diri dalam pidato dan tulisan yang mendorong kebencian,” kata Naidu di sebuah acara yang diselenggarakan di Mannanam, negara bagian Kerala, untuk menandai peringatan 150 tahun kematian Santo Kuriakose Elias Chavara, seorang spiritual, pembaharu pendidikan, sosial, dan budaya yang berasal dari komunitas Katolik di negara bagian India selatan.

    Imam abad ke-19 dari Gereja Katolik ritus Siro-Malabar yang berbasis di India itu dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II pada 8 Februari 1986 dan dinyatakan santo oleh Paus Fransiskus pada 23 November 2014. Pesta liturginya jatuh pada 3 Januari di hari kematiannya pada tahun 1871.

    Sangat percaya pada inklusivitas, St. Chavara memulai sekolah bahasa Sansekerta pada tahun 1846 dengan akses ke kandidat dari semua kasta, jenis kelamin, dan agama. Inisiatif lain yang serupa adalah pendirian sekolah di samping setiap gereja paroki untuk mendidik anak-anak dari semua komunitas. Sekolah-sekolah yang menyediakan makan siang gratis ini, mendorong orang tua untuk mendaftarkan anak-anak mereka, yang membantu meningkatkan angka melek huruf di negara bagian tersebut.

    St Chavara melibatkan dirinya sebagai pembaharu spiritual, pendidikan, sosial, dan budaya masyarakat Kerala pada abad ke-19 dan memberikan kontribusi yang besar bagi kebangkitan sosial masyarakat.

    Sambil berkontribusi besar pada kerukunan dan toleransi komunal dalam masyarakat, kata Naidu, St. Chavara selalu menunjukkan kepedulian yang mendalam terhadap kesejahteraan semua orang dan mengajari kita bahwa hubungan manusia yang damai itu suci dan lebih penting dari apa pun.

    Peduli Sesama

    Wakil Presiden berusia 72 tahun itu berasal dari negara bagian Andhra Pradesh, mencatat bahwa ujaran kebencian dan tulisan bertentangan dengan budaya, warisan, tradisi, hak konstitusional, dan etos bangsa. Menunjukkan bahwa sekularisme ada dalam darah setiap orang India, dia mengatakan negara itu dihormati di seluruh dunia karena budaya dan warisannya.

    Menyerukan penguatan sistem nilai India, Naidu mendesak agar pengabdian masyarakat diwajibkan bagi siswa di sekolah negeri maupun swasta, dengan mengatakan itu akan membantu mereka mengembangkan sikap berbagi dan peduli dalam interaksi mereka dengan orang lain.

    Dia menyarankan agar sekolah “membuat pengabdian masyarakat setidaknya dua hingga tiga minggu wajib bagi siswa”.

    Naidu mengangkat pemimpin spiritual visioner Kerala, seperti reformis sosial legendaris Sree Narayana Guru dan St. Chavara, sebagai model di berbagai bidang, dan mendesak negara bagian lain untuk mengambil petunjuk dari Kerala di bidang pendidikan, keadilan sosial, dan perempuan. Pemberdayaan.

    “Karya terobosan mereka membuktikan bahwa setiap negara bagian dapat diubah menjadi mesin pertumbuhan dan kemajuan dan ini dapat dicapai melalui pemberdayaan sosial dan pendidikan perempuan dan pemuda yang termasuk dalam bagian masyarakat yang lebih miskin.”

    Inklusivitas dan kebaikan bersama

    Naidu mencatat bahwa meskipun identitas dan visi St. Chavara dibentuk dan dibentuk oleh iman Katoliknya, pelayanan sosial dan pendidikannya tidak terbatas pada kemajuan dan perkembangan komunitas itu saja.

    “St. Chavara memadukan semangat renaisans dengan misi amal kasih dan konsep mulia kristiani tentang persaudaraan universal,” kata Wapres sambil menyampaikan apresiasi atas kongregasi dan gerakan yang dimulainya di bidang pendidikan dan kesehatan.

    “Pemimpin spiritual dan sosial ikonik Kerala ini, yang dianggap orang sebagai orang suci selama hidupnya, adalah seorang visioner sejati dalam segala hal,” kata Naidu.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI