27.1 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

Filipina Batalkan Prosesi Black Nazarene Karena Lonjakan Covid-19

BERITA LAIN

More
    Jutaan masyarakat Filipina terlibat dalam festival Black Nazaret setiap tahun. IST

    MANILA, Pena Katolik – Dengan infeksi Covid-19 yang meningkat, Presiden Filipina, Rodrigo Duterte melarang pertemuan besar, termasuk prosesi tahunan Black Nazarene di Manila. Filipina membatalkan prosesi tahunan “Black Nazarene” karena lonjakan infeksi virus corona.

    Setiap tahun, sekitar tiga juta orang juta orang biasanya berkumpul di Manila pada tanggal 9 Januari untuk festival Black Nazarene, perarakan sebuah patung kayu hitam abad ke-16 yang menggambarkan Yesus dalam perjalanan menuju Penyaliban.

    Pada 5 Januari, Departemen Kesehatan Filipina pemerintah melaporkan 10.775 kasus baru Covid-19, hampir dua kali lipat dari 5.434 kasus yang dilaporkan pada 4 Januari. Presiden Filipina Duterte pada 5 Januari mengumumkan larangan pertemuan besar.

    “Sekarang kita melihat tren virus yang meningkat. Omicron menginfeksi lebih cepat. Kita perlu mengatasi ini dengan tidak mengizinkan publik berkumpul untuk pertemuan, termasuk Misa publik dan prosesi tradisional patung Black Nazarene yang dihormati,” kata Duterte.

    “Ada jutaan umat di sana dan Anda tidak bisa berpuas diri tentang penularan penyakit ini. Saya berharap Gereja dapat memahami bahwa semua pertemuan tidak diperbolehkan,” katanya.

    Sejarah “Black Nazarene”

    Patung “Black Nazarene” diukir oleh pematung Meksiko anonim pada abad ke-16, dan dibawa ke Filipina pada tahun 1606 oleh sekelompok misionaris. Paus Innosensius X menyetujui penghormatannya pada tahun 1650 dan mengesahkan pendirian Persaudaraan Orang Suci Yesus Nazarene.

    Sejak itu, Patung Black Nazarene disimpan di Gereja Quiapo di Keuskupan Agung Manila. Patung ini pernah selamat dari kebakaran yang menghancurkan gereja dua kali, dua gempa bumi dan banyak angin topan, dan pemboman selama Perang Dunia II. Banyak keajaiban telah dikaitkan dengan patung itu.

    Arak-arakan adalah salah satu cara untuk memperdalam keimanan seseorang. Prosesi ini disebut “Traslacion,” dan mengacu pada pemindahan Gambar Orang Nazaret Hitam.

    Terakhir kali arak-arakan diadakan pada tahun 2021. Saat itu Mgr. Jose Clemente Ignacio, rektor Basilika Kecil Black Nazarene, mengatakan bahwa prosesi itu adalah cara bagi umat Katolik di Filipina untuk memperdalam iman mereka.

    “Di satu sisi itu meniru pengalaman Kalvari: pengorbanan dan penderitaan yang ditanggung Tuhan kita untuk keselamatan kita seperti ketika Yesus berjalan tanpa alas kaki, memikul salib ke Gunung Kalvari,” katanya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI