Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Terdapat 22 Misionaris Terbunuh Selama Tahun 2021

VATIKAN, Pena Katolik – Ada sebanyak 22 misionaris terbunuh di seluruh dunia selama tahun 2021. Data ini dikumpulkan Agenzia Fides sepanjang tahun lalu. Dari jumlah itu, ada 13 imam, tiga religius, dan enam awam yang terbunuh.

Jumlah misionaris terbanyak yang meninggal tercatat ada di Afrika. Di benua ini ada 11 misionaris yaitu tujuh imam, dua religius, dan dua awam yang dibunuh. Sementara itu, di benua Amerika ada tujuh misionaris terbunuh yang terdiri atas empat imam, satu religius, dan dua awam. Misionaris yang terbunuh juga ada di Asia, di mana sebanyak tiga misionaris yaitu seorang imam dan dua orang awam. Terakhir, di Eropa ada , seorang imam dibunuh.

Dalam beberapa tahun terakhir, Afrika dan Amerika menjadi tempat di mana terdapat jumlah terbanyak misionaris yang terbunuh. Dari tahun 2000 hingga 2020, menurut data kami, 536 misionaris terbunuh di seluruh dunia.

Laporan tahunan Fides tidak hanya menyangkut misionaris ad gentes dalam arti sempit, tetapi mencoba untuk mendaftarkan semua orang Kristen Katolik yang terlibat dalam kegiatan pastoral, yang meninggal dengan kekerasan, tidak secara eksplisit “dalam kebencian terhadap iman” . Inilah sebabnya istilah “martir” tidak digunakan, namun menyebutnya dengan misionaris.

Dengan cara yang sama kita menggunakan istilah “misionaris” untuk semua yang dibaptis, menyadari bahwa “berdasarkan Baptisan yang diterima, setiap anggota Umat Allah telah menjadi murid misionaris. Setiap orang yang dibaptis, apa pun fungsinya dalam Gereja dan tingkat pendidikan imannya, adalah subjek aktif evangelisasi “(Evangelii Gaudium 120).

Dari biografi mereka yang gugur, terlihat komitmen yang luar biasa akan iman mereka. Mereka memberikan kesaksian tentang iman mereka dalam konteks kekerasan, sosial ketidaksetaraan, eksploitasi, degradasi moral dan lingkungan.

Para imam ini, pria dan wanita religius dan umat awam, menyadari semua ini, mereka sering lahir di tanah yang sama di mana mereka meninggal, oleh karena itu mereka tidak naif atau naif, tetapi “ketika semuanya disarankan untuk diam, untuk mengambil perlindungan , tidak mengakui iman, mereka tidak bisa, mereka tidak bisa gagal untuk bersaksi ”demikian Paus Fransiskus saat di Budapest, 14 September 2021.

Pastor paroki dibunuh di komunitas mereka, di Afrika dan Amerika, disiksa, diculik oleh penjahat untuk mencari harta yang tidak ada atau tertarik oleh fatamorgana penebusan yang mudah atau untuk membungkam suara-suara yang tidak nyaman, yang mendesak untuk tidak secara pasif tunduk pada rezim kejahatan; imam yang terlibat dalam pekerjaan sosial, seperti di Haiti, dibunuh untuk merampok apa yang mereka butuhkan untuk menjalankan kegiatan tersebut, atau bahkan dibunuh oleh orang yang mereka bantu, seperti di Prancis, atau di Venezuela, di mana seorang religius dibunuh oleh pencuri di tempat yang sama. sekolah tempat dia mengajar anak muda untuk membangun masa depan; biarawati diburu dan dibunuh dengan darah dingin oleh bandit di Sudan Selatan.

Masih banyak orang awam, yang jumlahnya terus bertambah: para katekis terbunuh oleh bentrokan bersenjata bersama dengan komunitas-komunitas yang menghidupkan Sudan Selatan. Seorang pemuda terbunuh oleh penembak jitu ketika mencoba membawa bantuan kepada orang-orang terlantar yang melarikan diri dari bentrokan antara tentara dan gerilyawan di Myanmar.

Lagi seorang misionaris awam yang dibunuh secara brutal karena mencuri ponsel di Peru; seorang pemuda melompati ranjau di Republik Afrika Tengah saat bepergian dengan mobil misi. Ada juga seorang katekis pribumi, aktivis untuk menghormati hak asasi manusia dengan cara tanpa kekerasan, dibunuh di Meksiko.

Mereka semua “tidak bisa, tidak bisa gagal untuk bersaksi” dengan kekuatan hidup mereka diberikan karena cinta, berjuang setiap hari, damai, melawan kesombongan, kekerasan, perang.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini