26.3 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Penculikan Imam dan Beberapa orang di Haiti

BERITA LAIN

More
    Romo Jean-Nicaisse Milien. (Cruxnow)

    HAITI, Pena Katolik – beberapa imam di Haiti dan sembilan orang lainnya baru saja diculik saat mengemudi melalui pinggiran, Port-au-Prince, ibukota Haiti pada awal 11 April 2021. Saat itu sekitar jam 7 pagi dan mereka sedang dalam perjalanan untuk merayakan pelantikan seorang imam di paroki terdekat ketika 15 sampai 20 anggota geng mengacungkan senjata berat mengepung mobil mereka.

    “Kesini! Kesini!” perintah orang-orang bersenjata saat mereka menepi mobil.

    Mereka adalah angota geng Mawozo, kelompok yang sama yang menculik 17 misionaris dari sebuah organisasi keagamaan AS pada 16 Oktober 2021 saat mereka berkendara ke panti asuhan. Kelompok itu, yang mencakup lima anak, yang termuda berusia 8 bulan, masih ditahan untuk meminta uang tebusan di tengah ancaman pembunuhan.

    Romo Jean-Nicaisse Milien menggambarkan cobaan berat yang dia dan sembilan rekannya pernah alami itu. Dua biarawati, empat rekan imam, dan tiga kerabat pernah diculik.

    Romo Milien diculik selama 20 hari bersama dengan imam, biarawati, dan warga sipil lainnya. Setelah menangkap mereka, orang-orang bersenjata itu menutup matanya dan yang lainnya, kata Milien, dan melaju sampai mereka mencapai sebuah rumah bobrok di mana mereka tidur di lantai tanah selama berhari-hari.

    “Kami melakukan kebutuhan kami di lapangan,” kenangnya. “Itu benar-benar sulit.”

    Romo Milien dan yang lainnya ditutup matanya selama dua hari dan hanya diberi makan nasi dan roti, dicuci dengan Coca-Cola. Pada hari pertama, anggota geng menuntut kelompok tersebut menyerahkan nomor telepon kerabat mereka. Orang-orang bersenjata itu menelepon menuntut $ 1 juta per kepala — tebusan yang sama yang mereka buat untuk para misionaris yang diculik bulan lalu.

    Pada hari keempat, geng itu melepaskan satu orang dan memindahkan Romo Milien dan yang lainnya ke rumah yang lebih kecil. Setelah dua minggu, mereka melepaskan tiga lagi, tetapi bukan Romo Milien. Dia dan lima tawanan lainnya dipindahkan ke rumah kosong lainnya.

    “Minggu lalu, itu sangat sulit,” kenangnya, mengatakan mereka tidak menerima makanan dan hampir tidak ada air.

    Dalam perjalanan ke lokasi ketiga, pemimpin geng memberi tahu mereka: “Di sini, kami tidak punya makanan, rumah sakit, rumah. Kami tidak punya apa-apa, tapi kami punya kuburan.”

    Romo Milien menganggap itu sebagai ancaman kematian dan menggandakannya. “Saya memberi tahu mereka, ‘Teruslah berdoa,'” katanya kepada rekan-rekan tawanannya. “Suatu hari, kita akan bebas.”

    Akhirnya Romo Milien dan lima orang lainnya dibebaskan setelah sejumlah uang tebusan yang tidak diungkapkan telah dibayarkan. Kebebasan mereka datang melalui ketukan di pintu pada hari ke-20 penyekapan mereka. Saat itu pukul 11 ​​malam.

    “Bangun! Bangun! Bangun! Ayo pergi!” Romo Milien ingat seorang anggota geng berteriak.

    Kelompok itu, dalam keadaan lemah, berjalan beberapa meter ke mobil yang membawa mereka ke lingkungan mereka. Milien menghabiskan hampir seminggu di rumah sakit, menerima obat-obatan dan vitamin saat dia mencoba untuk mendapatkan kembali kekuatannya. Hingga beberapa bulan kemudian, Romo Milien masih menerima pendampingan psikologis.

    “Ini tidak mudah. Setiap kali kita mengingat sesuatu. Setiap kali kita memikirkan sesuatu. … Itu adalah bagian dari hidup saya,” katanya.

    Nasihatnya kepada keluarga 16 orang Amerika, satu orang Kanada dan pengemudi Haiti mereka, yang masih ditawan, adalah untuk tidak pernah kehilangan harapan saat dia berdoa untuk pembebasan mereka.

    “Saya tahu pengalaman itu tidak mudah,” katanya.

    Saat dia berbicara, suara tembakan dari komunitas terdekat yang dikendalikan oleh geng lain terdengar.

    “Kita harus melakukan sesuatu. Pemerintah harus melakukan sesuatu karena kita tidak bisa terus berada dalam situasi ini,” kata Milien.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI