Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Usaha untuk Mewujudkan Kunjungan Paus ke Korea Utara

Paus Fransiskus

VATIKAN, Pena Katolik – Setelah Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengundang Paus Fransiskus untuk mengunjungi Korea Utara pekan lalu, seorang uskup agung terkemuka mengindikasikan bahwa Vatikan sedang bekerja untuk mendorong kondisi di mana kunjungan kepausan ke negara Asia itu dimungkinkan.

Uskup Agung Lazarus You Heung-sik, prefek untuk Kongregasi Klerus Vatikan dan yang berasal dari Daejeon, Korea Selatan, mengatakan kepada wartawan bahwa “seperti dengan pemerintah Korea Selatan, Vatikan juga melakukan upaya untuk mendorong kondisi bagi paus untuk mengunjungi Korea Utara melalui berbagai saluran.”

Memperhatikan bahwa Paus Fransiskus mengatakan, ia bersedia untuk berkunjung jika dia menerima undangan resmi dari Korea Utara. Pernyataan paus ini “harus dicerna sebagaimana adanya,” dan bahwa dia tidak akan menjelaskan lebih lanjut tentang masalah tersebut, “karena bisa dipahami sebagai pemikiran paus.”

Kunjungan tergantung pada tanggapan dari Korea Utara, katanya, dalam hubungan internasional, kedua belah pihak harus saling menghormati dengan pendekatan “memberi dan menerima”.

Vatikan dapat memainkan peran ini jika mereka diminta, sambil mencatat bahwa Gereja Katolik telah memiliki jejak di Korea Utara melalui organisasi seperti Komunitas Sant’Egidio. Delegasi dari Sant’Egidio mengunjungi Korea Utara pada tahun 2018 untuk mempromosikan pekerjaan kemanusiaannya di negara itu, antara lain mengirimkan makanan, obat-obatan, dan peralatan medis ke Rumah Sakit Anak Wonsan. Mereka juga bertemu dengan otoritas tingkat tinggi selama kunjungan mereka.

Undangan untuk mengunjungi Korea Utara dibuat selama pertemuan pribadi pada 29 Oktober antara Paus Fransiskus dan Moon ketika yang terakhir berada di Roma untuk pertemuan puncak para pemimpin G20.

Pada kesempatan itu, Moon bertanya kepada Paus apakah dia akan mempertimbangkan untuk mengunjungi Korea Utara untuk membantu mendorong perdamaian antara kedua negara, dengan alasan bahwa kunjungan kepausan ke Pyeongyang akan memberikan momentum bagi seluruh proses perdamaian.

Sebagai tanggapan, Paus Fransiskus, yang mengunjungi Korea Selatan pada tahun 2014, mengatakan dia akan pergi jika dia menerima undangan dari otoritas Korea Utara. Ini adalah kedua kalinya Moon meminta Paus Fransiskus untuk mengunjungi Korea Utara, yang belum menerima kunjungan kepausan.

Seorang juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan, Lee Jong Joo, menyuarakan harapan kepada wartawan selama pengarahan 1 November bahwa Korea Utara akan mempertimbangkan kunjungan tersebut, dengan mengatakan, “Kami berharap untuk melihat Korea Utara menanggapi dan mengamankan kesempatan ini untuk mempromosikan perdamaian di Korea semenanjung.”

Jika diskusi terkait antara Vatikan dan Korea Utara menunjukkan kemajuan, Kementerian akan melakukan upaya untuk memastikan bahwa kunjungan Paus dapat menjadi kesempatan untuk mendapatkan konsensus internasional dan benar-benar mempromosikan perdamaian di Semenanjung Korea.

Pada hari Selasa, juru bicara kepresidenan Park Kyung-mee mengatakan kepada penyiar radio KBS Korea bahwa berbagai upaya sedang dilakukan untuk memungkinkan kunjungan Paus ke Korea Utara, tetapi sulit untuk memprediksi waktunya.

Menanggapi pertanyaan tentang kemungkinan perjalanan yang mungkin terjadi, Park mengatakan kemungkinan itu tidak akan terjadi selama musim dingin – yang berlangsung kira-kira dari akhir November hingga akhir Februari – karena Paus berasal dari Argentina, yang merupakan negara yang hangat, jadi pemahaman saya adalah bahwa sulit baginya untuk bepergian di musim dingin.

Permintaan kunjungan kepausan ke Korea Utara datang ketika Moon mencari dukungan internasional untuk deklarasi yang secara resmi mengakhiri Perang Korea 1950-53, yang diakhiri dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai, yang berarti kedua negara secara teknis masih berperang.

Moon, yang hanya memiliki enam bulan lagi masa jabatannya sebelum masa jabatannya berakhir, percaya bahwa “deklarasi perang berakhir” diperlukan untuk membangun kepercayaan, untuk memulai pembicaraan denuklirisasi, dan untuk mengamankan perjanjian damai yang langgeng.

Namun, kritik terhadap proposal tersebut telah menyuarakan ketakutan bahwa sebuah deklarasi dapat merusak hubungan AS-Korea Selatan dan berpotensi melemahkan tekanan internasional terhadap Korea Utara atas program senjatanya, dengan banyak pengamat mencatat bahwa kedua Korea di masa lalu telah gagal untuk menindaklanjuti sebelumnya upaya untuk mengakhiri perang.

Saat berada di Roma untuk menghadiri G20, Menteri Unifikasi Korea Selatan Lee In-young bertemu dengan pejabat senior PBB dan Vatikan untuk membahas isu-isu terkait Korea Utara.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini