Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Katedral Changchung, Bukti bahwa Katolik ada di Korea Utara

Katedral Changchung Pyongyang (Dok. Wikipedia)

PYONGYANG, Pena Katolik – Katedral Changchung adalah katedral monir dari Keuskupan Katolik Roma di Pyongyang, Korea Utara, yang terletak di lingkungan Changchung di Songyo-guyok, Pyongyang. Ini adalah salah satu dari hanya empat tempat ibadah Kristen resmi di Pyongyang. Katedral ini beroperasi di bawah Asosiasi Katolik Korea.

Sebelum pembagian Korea, Pyongyang adalah kota dengan jumlah penganut Kristen tertinggi di Korea, dan dikenal sebagai “Yerusalem Korea”. Pada tahun 1945, hampir 1/6 warganya beragama Kristen. Oleh karena itu, Pyongyang dijadikan satu-satunya keuskupan di Korea Utara.

Namun, setelah pembagian Korea, pemerintah Kim Il-sung menganiaya orang-orang Kristen dan menuduh mereka sebagai kolaborator dan mata-mata imperialis; bahkan Nasionalis Kristen terkenal Cho Man-sik, yang awalnya lebih dekat dengan Kim, ditangkap dan ditembak. Sebagian besar komunitas Katolik dibunuh atau dipenjarakan, dan banyak lagi yang melarikan diri ke selatan.

Katedral Merah

Katedral Changchung aslinya dibangun dari bata merah pada akhir abad ke-19. Katedral ini sempat dihancurkan dalam Perang Korea oleh pasukan Amerika. Sebelumnya, pada tahun 1949, Uskup resmi Pyongyang yang terakhir, Mgr. Francis Hong Yong-ho, telah dipenjarakan oleh pemerintah komunis; dia kemudian menghilang.

Pada tahun 1988 sebuah katedral baru dibuka di Pyongyang Timur. Pada saat yang sama, dua gereja “protestan” nondenominasi dibuka sebagai upaya pemerintah untuk menunjukkan kebebasan beragama.

Katedral ini dioperasikan oleh Asosiasi Katolik Korea dan tidak berafiliasi dengan Takhta Suci. Karena hubungan yang tegang dengan Tahta Suci, katedral saat ini tidak memiliki uskup atau bahkan imam yang ditahbiskan. Tidak ada imam yang menetap juga. Misa yang dirayakan di sini umumnya dilayani oleh imam dari luar negeri.

Ada sebuah pabrik mie yang terkait dengan gereja yang menerima dukungan keuangan dari Keuskupan Agung Katolik Roma Seoul dan Katolik Korea di Amerika Serikat.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini