Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Paus Fransiskus: Kekudusan Bukan Hanya Usaha dan Penyangkalan Diri, Kekudusan adalah Sebuah Penemuan

Paus Fransiskus saat memimpin Doa Angelus di Lapangan St Petrus Vatikan. (Angelus News)

VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus menawarkan refleksi pada salah satu bagian Injil favoritnya pada Pesta Semua Orang Kudus pada 1 November. Ia memilih tema “Sabda Bahagia”. Menggambarkan pesan Injil ini, Paus berbicara tentang sukacita dan nubuat. Mengenai sukacita, Fransiskus mencatat bagaimana Sabda Bahagia dimulai dengan kata “diberkati”.

“Ini adalah pernyataan utama, kebahagiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Paus.

Kebahagiaan, kekudusan, bukanlah rencana hidup yang hanya terdiri dari upaya dan penyerahan. Dia melanjutkan, kekudusan adalah penemuan penuh sukacita menjadi putra dan putri terkasih Allah. Kekudusan ini memenuhi Anda dengan sukacita. Kekudusan bukanlah “pencapaian manusia,” kata Paus, tetapi adalah “hadiah yang diterima”.

“Kita kudus karena Allah, Yang Kudus, datang untuk tinggal dalam hidup kita. Dialah yang memberikan kekudusan kepada kita. Untuk ini kita diberkati,” kata Paus.

Ini berarti bahwa sukacita Kristen bukanlah “emosi sesaat” atau optimisme belaka. Sebaliknya, sukacita adalah kepastian untuk mampu menghadapi setiap situasi di bawah tatapan kasih Tuhan, dengan keberanian dan kekuatan yang datang dari-Nya.

Orang-orang kudus, bahkan di tengah banyak kesengsaraan, telah mengalami sukacita ini dan menjadi saksinya. Paus Fransiskus menambahkan peringatan bahwa tanpa sukacita, iman menjadi latihan yang keras dan menindas dan itu bisa menjadi sakit karena kesedihan.

“Mari kita perhatikan kata ini: sakit dengan kesedihan. Seorang ayah gurun berkata bahwa kesedihan adalah ‘cacing yang menggali ke dalam hati’,” ujar Paus.

Untuk meraih kekudusan, Paus menyarankan evaluasi diri. “Mari kita bertanya pada diri kita sendiri: apakah kita orang Kristen yang bersukacita? Apakah saya seorang Kristen yang bersukacita atau tidak? Apakah kita menyebarkan kegembiraan atau kita orang yang membosankan, sedih, dengan wajah duka? Ingatlah bahwa tidak ada kekudusan tanpa sukacita!”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini