Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Imam Katolik Menjadi “Tameng” di Tengah Pertikaian di Intan Jaya Papua

Para imam di tengah pertukaian di Intan Jaya, Papua. (Dok IST)

INTAN JAYA, Pena Katolik – Sebuah video memperlihatkan seorang Imam Katolik menjadi pagar hidup bagi warga sipil dari serangan KKB di Blok Wabu, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Sabtu, 30 Oktober 2021. Dalam video ini, terlihat beberapa imam Katolik berjubah rela ‘dihujani’ peluru KKB. Saat itu, kelompok pengacau itu melakukan serangan dan pembakaran rumah warga.

Video ini diunggah Channel YouTube Juan Sanchez, di dalamnya terlihat imam Katolik berdiri menghadap ke arah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang melakukan serangan. Sambil berdiri sang imam merentangan kedua tangannya. Setelahnya, KKB pun akhirnya menarik diri dan tidak lagi melakukan serangan ke masyarakat sipil.

Sementara itu, beberapa imam dan suster serta katekis lainnya menjadi pagar hidup bagi warga yang berlindung di dalam Gereja Katolik Bilogai, Intan Jaya. Diketahui, serangan KKB terjadi sejak Jumat 29 Oktober 2021. Warga berlindung di dalam Gereja sementara TNI-Polri menyisir area perumahan warga sipi untuk menekan serangan brutal KKB. Saat ini, TNI-Polri terus memburu KKB yang melakukan serangkaian aksi penembakan dan pembakaran

Serangan ke Polsek

Keterangan yang dikeluarkan kepolisian menyebutkan, KKB mula-mula menembaki Polsek Sugapa pada hari Jumat sekitar jam tiga sore. Selanjutnya, terjadilah kontak tembak antara KKB dan TNI-Polri.  Bersamaan dengan kontak senjata itu, polisi yang bertugas mendapat informasi bahwa mereka turut melakukan pembakaran terhadap rumah salah seorang warga bernama Rian.

Sekitar pukul 16.15 WIT, mereka turut menembaki Pos Satgas 521 di sekitar Perumahan Sekretaris Daerah Kabupaten Intan Jaya. Penyerangan KKB meluas, KKB juga membakar gudang, ambulans, hingga mobil tangki air di kawasan Bandara Bilorai.

Situasi kondusif pada jam 17.50 WIT, sehingga pesonel TNI-Polri kembali ke Polsek Sugapa dan berhasil menguasai Bandara Bilorai.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini