26.6 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Kasih untuk Pejuang pendidikan

BERITA LAIN

More
    Penerapan protokol kesehatan di SDS Amkur Budi Mulia Sekura Sambas Kalimantan Barat. (Dok. Caritas)

    PANDEMI Covid-19 telah berdampak pada semua aspek kehidupan masyarakat. Salah satu yang terdampak adalah para guru honorer. Untuk itu, Caritas Indonesia bersama Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi dan Komisi Pendidikan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI)memberikan bantuan untuk mendukung kehidupan para guru honorer di beberapa keuskupan.

    Program ini dimulai sejak Juli 2020 hingga Desember 2021. Pada tahun 2020, pendanaan bantuan ini berasal dari PSE KWI, Caritas Indonesia dan donasi dari individu. Pada tahun 2021, program masih berlanjut dengan dana hasil penggalangan dana dengan menyelenggarakan Lari dan Gowes Caritas Christmas Cross Challenge. Penggalangan dana ini dimotori oleh Asosiasi Alumni Jesuit Indonesia (AAJI).

    Sejak 2020 hingga September 2021 sudah ada 3178 guru honorer yang diberikan bantuan dana di 28 Keuskupan. Sedangkan untuk bantuan pengadaan fasilitas penunjang protokol kesehatan sudah diberikan kepada 58 sekolah di 13 keuskupan

    Penanggung jawab Fransiska Simbolon, Staf Caritas Indonesia yang menjadi penanggungjawab Program Bantuan Guru Honorer ini menjelaskan, program bantuan ini bersifat inklusif tanpa memandang ras, agama, dan golongan. Bantuan dan guru honorer juga diperuntukkanbagi guru non-Katolik di sekolah non-Katolik.

    “Pemberian bantuan dana kepada guru honorer dapat menolong mereka yang terkena dampak pandemi karena jadwal mengajar yang dibatasi, sehingga pendapatan dari mengajar sebagai guru juga berkurang,” ujar Fransiska.

    Sedangkan bantuan pengadaan fasilitas kesehatan sangat membantu pihak sekolah untuk menerapkan protokol Kesehatan. Langkah nyata penerapan prokes ini dengan menerapkan pengecekan suhu, mencuci tangan, menggunakan APD di lingkup sekolah. Penerapan prokes juga dilakukan dengan pemberian vitamin bagi guru dan siswa. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI