Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Alasan Religius Mengapa Ratu Elizabeth II Tidak Akan Turun Takhta

Ratu Elizabeth II dari Inggris saat bertemu dengan anak-anak dalam sebuat acara. (Dok Aletea)

LONDON, Pena Katolik – Setelah perjalanannya baru-baru ini ke rumah sakit, banyak yang bertanya mengapa Rati Elizabeth II yang kini berusia 95 tahun itu tidak mundur. Sang Ratu dari Inggris ini telah banyak diberitakan pada Oktober ini. Dari melangkah keluar dengan tongkat untuk pertama kalinya, hingga menjamu tokoh industri terkemuka di istananya.

Namun, ratu sempat mejadi pemberitaan saat pada menit terakhir baru-baru, ia membatalkan kunjungannya ke Irlandia Utara. Ia lalu menginap semalam di Rumah Sakit King Edward VII dan membuat banyak orang khawatir tentang keadaan kesehatan Elizabeth II.

Dengan peringatan 70 tahun naik takhta, jumlah tugas kerajaan tampaknya meningkat – sesuatu yang banyak dari kita akan sulit untuk mengikuti, terutama setelah bulan-bulan COVID yang panjang tidak aktif.

Namun, penulis biografi kerajaan Ratu, Angela Levin, menjelaskan mengapa dia tidak melambat.

Pada hari penobatannya, hampir tujuh dekade lalu di Westminster Abbey, penguasa membuat serangkaian janji tentang peran masa depannya sebagai Ratu. Diakhiri dengan ikrar: “Hal-hal yang saya miliki di sini sebelumnya dijanjikan, akan saya laksanakan dan pertahankan. Jadi tolong aku Tuhan.”

Penulis biografi itu percaya bahwa aspek keagamaan dari pemerintahannya ini telah membuat penguasa lanjut usia itu bersaing dengan “pertarungan antara kepala dan tubuhnya.” Sementara tahun-tahunnya mulai memengaruhinya, sumpahnya di hadapan Tuhan, yang dimeteraikan dengan ciuman di Alkitab, membuatnya tetap bertahan.

Bahkan jika Anda bukan penggemar bangsawan, sulit untuk tidak mengagumi seorang pria berusia 95 tahun yang melangkah keluar dengan gaya, menyapa orang-orang dengan senyum dan lambaian tangan. Dan sementara banyak yang ingin melihat Ratu melambat, tekad dan dedikasinya adalah contoh bagi kita semua. Lagi pula, ketika kita membuat janji — terutama di hadapan Tuhan — kita melakukan yang terbaik untuk menepatinya, bahkan jika itu terkadang memaksa kita untuk melakukan pengorbanan pribadi.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini