Paus Emeritus Benediktus XVI Berharap untuk Segera Bergabung dengan Teman-Temannya di “Akhirat”

0
882
Paus Emeritus Benediktus XVI. (Dok. IST)

ROMA, Pena Katolik – Paus Emeritus Benediktus XVI mengatakan dia berharap untuk segera bergabung dengan seorang teman dosen tercinta di “akhirat”. Perkataan ini ia sampaikan sebagai tanda bahwa paus yang berusia 94 tahun tidak hanya menerima kematiannya tetapi juga menyambutnya.

Benediktus menulis sebuah surat 2 Oktober lalu, kepada seorang imam di Jerman. Ia berterima kasih kepada imam itu karena telah memberi tahu dia tentang meninggalnya Pater Gerhard Winkler, yang seorang Rahib Cistercian, rekan akademis Joseph Ratzinger.

“Dari semua kolega dan teman saya, dia yang paling dekat dengan saya,” tulis Benediktus, menurut surat yang direproduksi di media Jerman.

“Sekarang dia telah mencapai akhirat, di mana banyak teman pasti menunggunya. Saya harap saya bisa segera bergabung dengan mereka.”

Benediktus menjadi paus pertama dalam 600 tahun yang mengundurkan diri ketika dia meninggalkan kepausan pada tahun 2013. Saat itu, ia dengan mengatakan dia tidak memiliki kekuatan tubuh dan pikiran untuk membimbing Gereja Katolik.

Saat ini, Benediktus XVI tinggal di biara yang telah diubah di taman Vatikan. Sesekali, ia menyapa pengunjung dan menulis, tetapi pada umumnya menepati sumpahnya untuk hidup “tersembunyi bagi dunia.”

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here