31.1 C
Jakarta
Tuesday, April 23, 2024

Penangkapan Staf Caritas dan Kondisi 3 Juta Orang yang Membutuhkan Bantuan di Myanmar

BERITA LAIN

More
    Pengungsi mencari keselamatan di hutan di negara bagian Kayah Myanmar

    MYANMAR, Pena Katolik – Tujuh anggota staf Caritas Myanmar, organisasi amal milik Konferensi Uskup Katolik Myanmar ditangkap pada hari Senin, 18 Oktober 2021 oleh junta militer di Loikaw di negara bagian Kaya di timur. Mereka sedang dalam perjalanan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada para pengungsi. Dua kendaraan mereka juga disita.

    Vikaris Jenderal Keuskupan Loikaw, Pastor Francis Soe Naing, mengatakan bahwa tim Caritas Keuskupan Loikaw saat itu membawa bantuan kemanusiaan, seperti makanan dan obat-obatan, kepada para pengungsi. Aparat keamanan berhenti dan menangkap mereka, menyita 2 kendaraan.

    Peristiwa itu terjadi tidak lama setelah serangan militer terhadap Gereja Katolik Dikandung Tanpa Noda, di Phruso, di bawah Keuskupan Loikaw. Ini adalah serangan ke-7 terhadap sebuah gereja setelah kudeta Februari yang menggulingkan pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi.

    Pastor Naing mengatakan bahwa di Negara Bagian Kayah, konflik antara pasukan pertahanan lokal dan pasukan keamanan junta sangat kuat, memaksa ribuan orang, termasuk wanita dan anak-anak, meninggalkan rumah mereka. Kepada para pengungsi inilah Gereja Katolik berusaha menjangkau.

    Pastor Naing mengatakan bahwa di antara para tahanan yang dibebaskan oleh junta adalah tiga Pendeta Baptis. Salah satunya adalah seorang pria tua dengan masalah kesehatan yang serius, yang telah didakwa dan kemudian ditangkap pada 28 Juni hanya karena mengorganisir doa untuk perdamaian.

    Pastor Naing mengatakan Konvensi Baptis memainkan peran kunci dalam respon kemanusiaan terhadap masalah yang dihadapi oleh para pengungsi internal di Negara Bagian Kachin dan Shan yang memiliki banyak umat Kristen dan di mana kelompok etnis bersenjata anti-junta aktif. Orang-orang Kristen sering diganggu oleh pasukan keamanan karena dicurigai bersekongkol dengan pemberontak. Gereja-gereja sering digerebek dan dibom, terutama di Negara Bagian Kayah, Chin dan Kachin. Para imam dan pendeta telah ditangkap, sementara banyak warga sipil tak bersenjata, termasuk orang Kristen, telah dibunuh.

    Mengenai pembebasan tahanan politik oleh junta, Pastor Naing menunjukkan meskipun ini mungkin kabar baik, banyak orang dan pemimpin politik yang tidak bersalah, seperti Suu Kyi dan Presiden U Win Myint, masih berada di penjara. Banyak orang, katanya, berpikir bahwa militer hanya membebaskan beberapa tahanan setelah ASEAN menyampaikan kecaman dengan menolak mengundang pemimpin kudeta militer, Min Aung Hlaing, ke pertemuan puncak mendatang, meskipun Myanmar adalah bagian dari blok regional beranggotakan 10 negara di Asia Tenggara itu. Langkah ASEAN itu dilakukan setelah Hlaing menolak mengabulkan permintaan utusan khusus Menteri Luar Negeri Kedua Brunei Erywan Yusof untuk bertemu dengan Suu Kyi.

    Tiga Juta Menderita

    Sejak kudeta militer 1 Februari, krisis Myanmar semakin dalam. Tentara junta melakukan penangkapan dan tindakan keras berdarah terhadap pengunjuk rasa. Saat ini, pandemi Covid-19 dan faktor-faktor lain telah menambah situasi putus asa orang-orang.

    Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Myanmar sangat prihatin dengan krisis kemanusiaan yang terjadi di negara yang bermasalah itu. Sekitar 3 juta orang sangat membutuhkan bantuan. Hari Selasa lalu, junta mulai membebaskan beberapa dari lebih dari 5.600 tahanan yang dikatakan akan dibebaskan di bawah amnesti yang tidak biasa.

    “Tiga juta perempuan, anak-anak dan laki-laki sangat membutuhkan bantuan dan perlindungan penyelamatan jiwa akibat konflik, kerawanan pangan, bencana alam dan Covid-19,” kata Farhan Haq, Wakil Juru Bicara Sekjen PBB.

    Jumlah ini termasuk satu juta orang yang membutuhkan bantuan pada awal tahun ini, ditambah dua juta orang lainnya yang diidentifikasi membutuhkan bantuan setelah pengambilalihan militer pada 1 Februari,” kata Haq kepada wartawan pada konferensi pers harian di New York, Selasa, 19 Oktober 2021.

    Sekitar 219.000 orang mengungsi sejak 1 Februari, sebagai akibat dari bentrokan antara Angkatan Bersenjata Myanmar dan berbagai organisasi bersenjata etnis dan pasukan pertahanan masyarakat setempat. Situasi kemanusiaan di negara itu diperburuk oleh gelombang Covid-19.

    “PBB sekali lagi menyerukan kepada pihak-pihak terkait untuk memastikan bahwa bantuan dapat ditingkatkan untuk menjangkau orang-orang yang terkena dampak konflik bersenjata yang berlanjut,” kata Haq.

    Haq menunjukkan bahwa dana anak-anak PBB, UNICEF, dan mitranya telah menjangkau lebih dari 33.000 orang dengan pasokan air dan sanitasi. Bantuan ini setelah banjir di negara bagian Rakhine dan Kayin. UNICEF juga menanggapi kebutuhan lebih dari 1.000 Pengungsi Internal (IDP) di kamp Kyauk Ta Lone dengan peralatan kebersihan darurat.

    UNICEF bekerja dengan mitra untuk mendistribusikan pasokan penting yang terkait dengan program air, sanitasi dan kebersihan (WASH) di Rakhine utara. Bantuan ini untuk membantu hampir 150.000 pengungsi dan lainnya di Kachin, Shan Utara, Rakhine dan Sagaing.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI