28.3 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Kardinal Ignatius Suharyo: Mari Berbagi Makanan untuk Sesama

BERITA LAIN

More
    Kardinal Ignatius Suharyo

    JAKARTA, Pena Katolik – Uskupa Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo mengimbau umat Katolik untuk berbagi makanan sehat dengan yang membutuhkan dan mereka yang terkena dampak pandemi Covid-19. Seruan ini tercantum dalam Surat Gembala menyambut hari Pangan Sedunia 2021.

    Surat gembala bertajuk “Berikan Lebih Banyak Terima Kasih dan Jadilah Berkat dengan Berbagi Makanan Sehat,” dibacakan sebagai pengganti khutbah pda misa hari Minggu di semua 66 paroki pada 10 Oktober 2021.

    “Kita bisa bertanya pada diri kita sendiri, keluarga kita atau komunitas kita: ‘Apakah kita sudah mengasihi saudara-saudara kita dan tetangga kita yang sangat membutuhkan makanan? Apa yang telah kita lakukan dan apa yang harus kita lakukan untuk membantu meringankan beban mereka?’” ujarnya.

    Kardinal Suharyo mengatakan banyak orang di Indonesia kehilangan pekerjaan karena pandemi, yang telah membuat individu dan kelompok berbagi makanan dengan mereka yang berjuang secara spontan dan terkoordinasi. Salah satu caranya adalah dengan menggantung bungkusan makanan sederhana di pagar orang untuk membantu mereka.

    “Sebagai refleksi, kita dapat bertanya pada diri sendiri: ‘Apakah kita, keluarga kita atau komunitas kita adalah bagian dari inisiatif ini? Apakah kita yang membantu mereka yang membutuhkan?'” katanya.

    Situasi di Indonesia

    Menurut Kementerian Tenaga Kerja, sekitar 29,4 juta pekerja di Indonesia terkena pandemi dengan menjadi korban pemutusan hubungan kerja baik tetap maupun sementara.

    Mengacu pada tema surat pastoralnya, Kardinal Suharyo yang mengepalai Konferensi Waligereja Indonesia mengatakan, berbagi makanan sehat harus dilihat sebagai bentuk solidaritas dengan mereka yang terkena dampak pandemi serta orang-orang yang membutuhkan.

    “Kita harus membangun rasa solidaritas melalui berbagi makanan sehat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan bersama dan menjunjung tinggi martabat manusia. Semangat solidaritas harus terus kita hidupkan. Diharapkan kerjasama yang solid akan membuka jalan bagi cara-cara kreatif untuk mewujudkan solidaritas kita sesuai dengan situasi.”

    Sebelumnya, Paus Fransiskus mengatakan dalam pesannya untuk Hari Pangan Sedunia bahwa lebih dari 3 miliar orang dari seluruh dunia “tidak memiliki akses ke makanan bergizi” sementara hampir 2 miliar “kelebihan berat badan atau obesitas karena pola makan yang buruk dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak. “

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI