34 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Tahbisan Imam di Papua

BERITA LAIN

More

    PAPUA, Pena Katolik – Umat Katolik di Intan Jaya, Papua menyambut tiga imam baru yang akan ditahbiskan pada Selasa, 12 Oktober di Gereja Katolik Paroki St. Mikael, Bilogai. Kemeriahan acara ini sudah mulai terasa saat ribuan umat setempat menyambut kedatangan Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC, Uskup Bandung yang akan menjadi pentahbis saat ia tiba di Sugapa, Intan Jaya pada Senin, 11 Oktober bersama dengan Administrator Keuskupan Timika, RD Marthen Ekowaiby Kuayo.

    Uskup Anton yang juga Sekretaris Jendral Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) diarak dari Bandara Bilogai menuju lapangan di Pastoran Gereja katolik St Mikael. Di sana, ia disambut dengan tarian adat Suku Moni.

    Tahbisan dihadiri umat dari tiga suku besar di Intan Jaya, yaitu Moni, Dani, dan Ndauwa. Yoakim Mujizau, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Intan Jaya menjelaskan acara ini merupakan “peristiwa besar dan berahmat buat umat dan masyarakat Intan Jaya.”

    “Tiga imam baru ini adalah putra daerah Intan Jaya dari Suku Moni dan Mee, maka wajar umat menyambut gembira peristiwa ini,” katanya.

    Ia menjelaskan, pihak Pemda bersama Gereja, masyarakat serta TNI dan Polri sudah sejak lama bekerja sama untuk memastikan agar agenda besar ini berjalan kondusif. Ia mengakui selama ini di Intan Jaya banyak diberitakan terjadi peristiwa gangguan keamanan.

    “Kami pastikan gangguan keamanan bisa dikendalikan dengan baik. Masyarakat bersama Gereja, Pemda dan TNI-Polri sudah berkomitmen untuk menjaga situasi agar kondusif. Terbukti hari ini tadi ribuan umat yang hadir menyambut uskup, semuanya tertib dan acara berjalan lancar,” katanya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI