Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Di Brasil, Uskup Agung Mengkritik Sikap Pro-Senjata Presidennya

Orang-orang menyalakan lilin dalam perayaan pesta Our Lady of Aparecida di Basilica of the National Shrine of Our Lady of Aparecida di São Paulo 12 Oktober 2021. (Dok. Cruxnow)

SÃO PAULO – Uskup Agung Aparecida, Mgr. Orlando Brandes mengkritik keras Presiden Brasil, Jair Bolsonaro atas sikap pemimpin negara itu yang pro-senjata. Kritik Mgr Brandes ini disampaikan selama perayaan untuk menghormati Hari Raya Perawan Maria Aparecida.

Mgr. Brandes membuat komentar tersebut selama Misa terpenting di Basilika St. Maria Aparecida pada pagi 12 Oktober 2021. Kritik itu disampaikan beberapa jam sebelum Bolsonaro mengunjungi basilika itu.

Mgr. Brandes mengundang orang-orang untuk merangkul orang-orang miskin untuk  dapat membangun Brasil bersama-sama sebagai tanah air tercinta.

“Jika kita menginginkannya menjadi tanah air tercinta, itu tidak bisa menjadi tanah air bersenjata,” kata Brandes, membuat permainan kata dengan istilah “pátria amada” (tanah air tercinta), yang muncul dalam lagu kebangsaan Brasil dan diadopsi sebagai Bolsonaro semboyan pemerintah, dan “pátria armada” (tanah air bersenjata).

Kontrol Senjata

Sejak tahun-tahun awalnya sebagai anggota Kongres Brasil pada 1990-an, Bolsonaro, seorang pensiunan kapten Angkatan Darat, telah menjadi pendukung sengit untuk melonggarkan kontrol senjata di negara Amerika Selatan itu.

Sebagai presiden, ia telah mengubah undang-undang untuk memungkinkan kepemilikan senjata api yang lebih luas. Simbol kampanye pemilihan utamanya, yang biasanya dia ulangi selama rapat umum, adalah gerakan memegang senapan.

Brandes juga mengatakan bahwa “tanah air tercinta tidak [dicapai dengan] mengubah anak-anak yang tidak bersalah menjadi anak-anak senapan,” mengacu pada upacara baru-baru ini di Negara Bagian Minas Gerais, ketika Bolsonaro mengangkat seorang anak laki-laki berusia enam tahun yang berpakaian seperti polisi dan memegang pistol mainan. Presiden meraih senapan mainan anak itu dan berpura-pura menembak dengannya, sambil secara bersamaan memegang anak itu.

“Anak-anak membutuhkan senjata lain: Doa, ketaatan, hidup bersama dengan saudara mereka,” tambah Mgr. Brandes.

Mgr. Brandes juga menyinggung penyebaran berita bohong di Tanah Air. “Untuk menjadi tanah air tercinta, [harus] Republik tanpa kebohongan dan tanpa berita palsu. Tanpa korupsi. Ini adalah tanah air tercinta dengan persaudaraan. Semua saudara dan saudari membangun keluarga besar Brasil,” katanya.

Tim kampanye pemilihan Bolsonaro dituduh beberapa kali menyebarkan informasi palsu di media sosial untuk menjelek-jelekkan lawan utamanya pada tahun 2018, Fernando Haddad. Mahkamah Agung membuka dan menyelidiki dugaan penggunaan berita palsu yang terus menerus oleh pemerintahan Bolsonaro.

Bolsonaro tiba di basilika pada sore hari dan diundang oleh Mgr. Brandes untuk pergi ke mimbar dan berdoa kepada Bunda Maria dari Aparecida, pelindung Brasil. Presiden itu masih hadir ketika Pastor José Ulysses da Silva, dalam pidatonya, menyebutkan 600.000 kematian yang disebabkan oleh Covid-19 di Brasil dan kesusahan besar yang dipicu oleh pandemi di antara keluarga dan profesional kesehatan.

Presiden telah dituduh salah mengelola pandemi dengan gagal menerapkan langkah-langkah jaga jarak dan sering meremehkan keseriusan penyakit. Dia juga meragukan efektivitas vaksin dan masker wajah.

Komentar Mgr. Brandes diterima dengan gembira oleh banyak lawan Bolsonaro, yang dengan cepat menyebarkan kata-katanya di media sosial. Di sisi lain, banyak pendukung presiden menyebut Brandes sebagai komunis dan “pembela penjahat.”

Itu bukan pertama kalinya Mgr. Brandes mengkritik Bolsonaro pada hari raya Aparecida. Pada 2019, dia mengatakan hak politik itu “keras dan tidak adil.”

Pastor Júlio Lancelotti, yang terkenal di Brasil karena dedikasinya kepada para tunawisma di Sao Paulo dan karena opini politiknya yang kuat, mengatakan bahwa kata-kata Mgr. Brandes datang pada saat yang tepat.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini